Tini Gorda Terima Penghargaan API 2020, Menteri P3A Ajak Perempuan Indonesia Terus Berkarya

Metro Bali
single-image

Foto: Anugerah Perempuan Indonesia (API) VII-2020 diberikan 8 perempuan terbaik di bidangnya dari berbagai daerah di Indonesia.

Jakarta (Metrobali.com)-

Direktur Eksekutif GTS (Good-Trustworthy-Smart) Institute Bali Dr. A.A.A. Ngurah Tini Rusmini Gorda, S.H., M.M., M.H., menerima penghargaan bergengsi Anugerah Perempuan Indonesia (API) Tahun 2020.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Puspayoga di Kantor Kementerian P3A di Jakarta, Selasa (1/12/2020) didampingi RAy. Hj. Irlisa Rachmadiana,MM selaku Pendiri  Anugerah Perempuan Indonesia (API).

Penghargaan API-VII-2020 ini diterima Tini Gorda bersama tujuh perempuan hebat lainnya dari berbagai latar belakang dan daerah di Indonesia.

Selain menyerahkan penghargaan API 2020, Menteri PPPA Bintang Puspayoga sekaligus mengukuhkan pengurus Perkumpulan Perempuan Pemimpin Indonesia (PPPI)  sebagai wadah alumni para penerima API yang telah dilakukan sejak 2012.

RAy. Hj. Irlisa Rachmadiana,M.M., selaku Pendiri  Anugerah Perempuan Indonesia (API) dalam sambutannya menegaskan API bukan puncak tangga tapi anak tangga pertama bagi para perempuan peraih penghargaan ini terus bisa terus berkarya memberdayakan dan menginspirasi perempuan di daerahnya masing-masing bahkan di Indonesia dan dunia.

Selanjutnya para perempuan hebat penerima penghargaan API ini dihimpun dalam wadah organisasi Perkumpulan Perempuan Pemimpin Indonesia (PPPI)  sebagai wadah alumni para penerima API yang telah dilakukan sejak 2012.

PPPI mempunyai visi terwujudnya perempuan pemimpin global dari alumni Anugerah Perempuan Indonesia (API) beserta mitranya. Misinya sebagai wadah alumni API dan beserta mitranya dalam kepemimpinan global, internasional serta lokal Indonesia.

PPPI juga mengadakan pelatihan kepemimpinan SDM unggul, mendukung pemberdayaan perempuan terutama dalam Hak Asasi Manusia (HAM), hukum, gender, serta hak-hak WNI.

“Kami para perempuan Indonesia berjiwa kesatria, adil, welas asih, dan selalu menjunjung Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Inilah kami PPPI dipersembahkan untuk Indonesia,” pungkas Irlisa Rachmadiana.

Baca Juga :
Pusat Serahkan Penghargaan TPID Berprestasi Tahun 2020 Untuk Badung

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Puspayoga lantas mengapresiasi upaya pemberdayaan perempuan dan pemberian penghargaan API yang telah berlangsung dari tahun 2012.

Menteri perempuan dari Bali ini juga menyampaikan apresiasi kepada delapan perempuan terbaik yang telah terpilih menerima API 2020. Ia berharap perempuan yang telah terpilih, bukan hanya membawa keberhasilan bagi institusi yang dipimpin, namun juga mampu berbagi pengalaman, inspirasi kepada sesama perempuan dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Selamat kepada para penerima penghargaan API. Penghargaan ini semoga jadi motivasi untuk terus berkontribusi dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” kata Bintang Puspayoga dalam sambutannya.

Tak lupa, Bintang Puspayoga juga mengapresiasi PPPI yang telah memberikan perhatian dan mewadahi  perempuan Indonesia berprestasi. Harapannya, dengan semakin banyak pihak yang memetakan, mendokumentasikan, dan memberikan apresiasi, semakin banyak pula perempuan Indonesia yang termotivasi untuk berkarya dan berprestasi di berbagai bidang.

Bintang Puspayoga lantas mengajak perempuan Indonesia semuanya agar bergandengan tangan menggaungkan perempuan bisa menunjukkan taringnya, perempuan berharga bagi nusa dan bangsa. Karenanya ia mengajak perempuan Indonesia terus berkarya.

“Kiprah perempuan hebat harus terus kita suarakan, kikis persepsi yang salah dan mitos yang ada, perempuan jangan takut bermimpi. Dengan semakin diapresiasi seperti melalui API harus makin banyak perempuan Indonesia terus berkarya dan tunjukkan prestasi,” pungkas Bintang Puspayoga.

Sementara itu Direktur Eksekutif GTS (Good-Trustworthy-Smart) Institute Bali Dr. A.A.A. Ngurah Tini Rusmini Gorda, S.H., M.M., M.H.,yang dihubungi oleh wartawan Metro Bali usai menerima penghargaan, mengaku bersyukur sebagai salah satu penerima Anugerah Perempuan Indonesia (API) 2020.

“Tapi penghargaan ini bukan tujuan utama saya, tapi bagaimana kita berjuang memberdayakan perempuan dengan berbagai aktivitas progam,” kata Tini Gorda yang juga Ketua Umum DPD IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Provinsi Bali ini.

Baca Juga :
Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Lumbung Pangan Baru di Sumatera Utara

Semua aktivitas Tini Gorda yang sudah terekam di media massa baik dalam pemberdayaan perempuan dan anak serta mendirikan koperasi, menjadi suatu rujukan bagi panitia untuk memilih dirinya.

“Saya merasa tidak mempersiapkan moment apapun karena semua aktivitas sudah terekam oleh media,” kata Tini Gorda yang juga Kepala Pusat Undiknas (PSU) ini sembari mengungkapkan media massa sudah sangat membantu dalam mempublikasikan dirinya untuk masuk dalam Nominator Finalis Penerima Anugerah Perempuan Indonesia 2020.

Perempuan yang juga Ketua Koperasi Perempuan Ramah Keluarga (KPRK) Provinsi Bali ini pun mengajak perempuan Bali bersama sama untuk membangun dan memperbaiki diri sendiri sebagai perempuan karena segala kegiatan bisa dilakukan dengan fokus, berkompetisi dan tidak ada pretensi.

“Mari bergandengan tangan. Perempuan hebat juga harus mampu memberdayakan hingga mencetak perempuan hebat lainnya,” pungkas Ketua DPD Perempuan Indonesia Maju (PIM) Provinsi Bali ini.

Untuk diketahui API merupakan apresiasi kepada Perempuan Pemimpin di Indonesia yang berada dalam lingkup Perusahaan  Publik dan Non Publik dari BUMN, BUMD , beserta Anak Perusahaannya maupun Swasta. Dalam penilaiannya para Peraih Penghargaan dipilih berdasarkan Sektor/Bidang Industri.

Sektor/Bidang Industri tersebut yakni Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar dan Kimia,  Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti dan Real Estate, Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi, Keuangan, Perdagangan, Jasa dan Investasi, UKM, dll. Para Perempuan penerima Anugerah juga adalah mereka yang memiliki daya pengaruh dalam dunia Ekonomi, Perdagangan, Bisnis, Politik, Pemerintahan, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Ilmu Pengetahuan maupun Teknologi serta Lingkungan Hdup dan Pemberdayaan Perempuan.

Berikut ini daftar lengkap 8 perempuan hebat peraih Anugerah Perempuan Indonesia (API) 2020.

1) Alawinsia Alinda Megawati (Papua) Direktur  PT. Adhi Karsa Karya Pratama (Swasta- Kontraktor)
2) Dr.AAA.Ngr.Tini Rusmini,SH,MM,MH (Bali) Direktur Eksekutif GTS Insititute Bali (Pendidikan)

Baca Juga :
Jambret, Eko Dihadiahi Timah Panas

3) Stephanie Yung (Jawa Tengah) Chief Executive Officer Steffie Collection (UKM-Garmen)
4) Endang Sri Winarni (DKI-1) Direktur Keuangan-SDM-Umum PT. Penjaminan Jamkrido Syariah (Anak Perusahaan BUMN)

5) Nana Sarinah (DKI-2) Komisaris PT. Hensi Internasional (Konsultan Manajemen Bidang Pendidikan)
6) Lien Tje (Bangka Belitung) CEO & Founder PT. Megah Sakti Mandiri (Swasta-Elektronik-Trading Company)

7) Ir.Hj.Alwantriati Tundrarizmi(Sumatera Selatan) Direktur Rumah Busana Tria (UKM-Fashion)
8) Ir.Kartika Kusumastuti (Kepulauan Riau) Direktur CV Citra Sari (UKM-Makanan). (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.