Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tingkatkan Kualitas Tenaga Pendidik Kota Denpasar Pemkot Denpasar Gelar Seminar Karya Inovasi Guru SD

Metro Bali
single-image

Keterangan Foto: Peningkatan kualitas tenaga pengajar digencarkan oleh Pemerintah Kota Denpasar melalui berbagai macam program strategis. Salah satunya seperti yang terlihat pada Sabtu (18/5) di Gedung Sewaka Dharma Lumintang Denpasar duilaksanakan Seminar Pendidikan Karya Inovasi Guru SD dan Launching Karya Inovasi Guru Se-Kota Denpasar yang diikuti oleh ratusan guru SD se-Kota Denpasar. Kegiatan ini dibuka secara langsung  oleh Kadisdikpora Kota Denpasar, Wayan Gunawan dan Ketua Panitia Seminar, Putu Edy Pariawan/MB

Denpasar, (Metrobali.com) –

Peningkatan kualitas tenaga pengajar digencarkan oleh Pemerintah Kota Denpasar melalui berbagai macam program strategis. Salah satunya seperti yang dilaksanakan pada Sabtu (18/5) di Gedung Sewaka Dharma Lumintang Denpasar dilaksanakan Seminar Pendidikan Karya Inovasi Guru SD dan Launching Karya Inovasi Guru Se-Kota Denpasar yang diikuti oleh ratusan guru SD se-Kota Denpasar. Kegiatan ini dibuka secara langsung  oleh Kadisdikpora Kota Denpasar, Wayan Gunawan didampingi Ketua Panitia Seminar, Putu Edy Pariawan.

Seminar Pendidikan Karya Inovasi Guru SD ini disertai juga dengan peluncuran Karya Inovasi Guru berupa puluhan buah buku karya guru-guru SD se-Kota Denpasar.

Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga Kota Denpasar, Wayan Gunawan mengatakan upaya Pemerintah Kota Denpasar terus meningkatkan keterampilan dan kualitas tenaga pengajar maka dari itu perlu dilakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan termasuk dalam pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Karya inovatif tersebut diantaranya mencipta di bidang Pendidikan dan Seni, meningkatkan sarana pelajaran seperti praktikum selalu mengawal penyusunan pedoman pelajaran serta evaluasi dan lain sebagainya.

“Pada era Globalisasi dewasa ini, guru dituntut agar dapat mempersiapkan siswa agar siap memiliki keterampilan, kecakapan abad 21, agar selalu kritis, memiliki jati diri, analitis, inovatif, komunikatif serta memiliki rasa untuk berkolaborasi (kolaboratif). Untuk itulah strategisnya peran guru di masa sekarang sebagai pengajar, guru sebagai katalisator (memberi nilai moral pada siswa) guru sebagai penghubung, guru sebagai fasilitator (sebagai teman, memberi contoh pada siswa),  dan guru sebgai penjaga yang membantu siswa berusaha menghadapi situasi dimasa sekarang. Pemerintah Kota Denpasar mengoptimalkan tiga faktor strategis yaitu pasar kerja, akademik, dan berwirausaha. Diharapkan pula para guru berinovasi dan berusaha meningkatkan kualitas tenaga pendidik.

Baca Juga :
Tiga Warga Peru Bobol ATM di Bali

Seminar Pendidikan Karya Inovasi Guru SD dan Launching Karya Inovasi Guru Se-Kota Denpasar dilaksanakan dengan harapan berpuncak pada penciptaan buku akademis baru, merupakan langkah yang sangat baik di bidang pendidikan. Untuk itulah Pemerintah Kota Denpasar mengapresiasi pelaksanaan seminar ini, semoga pengetahuan guru yang sudah menularkan karya inovasi dapat memacu guru-guru lainnya untuk membangun bidang pendidikan di Kota Denpasar. Semoga pelaksanaan kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Ketua Panitia Seminar, Putu Edy Pariawan mengatakan Seminar Pendidikan Karya Inovasi Guru SD dan Launching Karya Inovasi Guru Se-Kota Denpasar ini diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kualitas guru pengajar khususnya guru-guru SD di Kota Denpasar. “Dalam seminar ini diharapkan pengajar mendapatkan strategi untuk memotivasi siswa dengan cara mengajar yang benar dan tidak membuat siswa cepat jenuh. Sementara itu, peluncuran buku Karya Inovasi Guru SD se-Kota Denpasar ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar di Kota Denpasar” ujar Pariawan.

Sumber: Humas Pemkot. Denpasar

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.