Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tim ”Berkah” Klaim Menang di Jember

Metro Bali
single-image

Jember (Metrobali.com)-

Tim pemenangan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah) mengklaim kemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut empat itu di Kabupaten Jember.

Sekretaris Aliansi Masyarakat Pendukung Khofifah Jember, Saiful Rahman, Jumat, mengatakan hasil penghitungan “real-count” para sukarelawan menunjukkan bahwa pasangan “Berkah” mendapat perolehan 233.248 suara.

“Penghitungan itu dilakukan di 2.152 tempat pemungutan suara (TPS) atau sekitar separuh dari seluruh TPS yang ada di Jember,” tuturnya.

Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) mendapat perolehan sebanyak 158.507 suara, pasangan Eggi Sudjana-M. Sihat 11.711 suara dan Bambang DH-Said Abdullah 45.639 suara.

“Perolehan suara pasangan Khofifah-Herman paling banyak di Kecamatan Wuluhan sebanyak 17.444 suara dan Kecamatan Patrang 16.178 suara,” katanya.

Menurut dia, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim nomor urut empat itu juga menang hampir di semua kecamatan, namun selisihnya tidak terlalu besar dengan perolehan suara pasangan Karsa.

“Kami sangat yakin dan optimistis bahwa Berkah menang di Jember,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh tim pemenangan Berkah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ayub Junaidi.

“Rekapitulasi perolehan suara sementara dari 3.175 TPS menyebutkan pasangan Karsa mendapat 223.001 suara, pasangan Eggi-Sihat sebanyak 16.689 suara, Bambang DH-Said Abdullah 65.042 suara, dan pasangan Berkah 338.874 suara,” tuturnya.

Ia menilai penghitungan manual yang dilakukan tim PKB lebih akurat dibandingkan hitung cepat (quick count) yang dilakukan sejumlah lembaga karena tidak semua TPS menjadi sample dari hitung cepat tersebut.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember, Ketty Tri Setyorini, mengatakan rekapitulasi penghitungan masih dilakukan di tingkat kelurahan atau desa, sehingga belum bisa melihat hasilnya secara keseluruhan.

“Kami mendapat laporan bahwa penghitungan di tingkat desa/kelurahan sudah mencapai 80 persen dan kotak suara sudah bergeser ke panitia pemilihan kecamatan (PPK),” katanya.

Baca Juga :
Perompak Somalia bebaskan 26 sandera, termasuk WNI

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilkada Jatim di Kabupaten Jember mencapai 1.726.443 orang dengan 4.347 TPS yang tersebar di 31 kecamatan di kabupaten setempat. AN-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.