Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sudikerta: Anak Kelas X dan XI Wajib Ikuti Pramuka

Metro Bali
single-image

Mangupura (Metrobali.com)-

Pembukaan Penilaian Gugus Depan Tergiat Se-Kwartir Daerah Bali untuk Kabupaten Badung dilaksanakan di Gugus Depan Badung 01.057-01.058 Pangkalan SMAN 1 Kuta, Kamis (13/10). Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Badung, anggota DPRD Badung I Nyoman Sudarta,  Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Bali Drs. I Ketut Wija yang sekaligus sebagai Tim Penilai Gugus Depan Tergiat Provinsi Bali, Kepala Sekolah SMAN 1 Kuta Drs I Nyoman Yasa selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus), Camat Kuta I Nyoman Suendi, Lurah Seminyak I Wayan Wiranata serta guru dan anggota Pramuka di lingkungan SMAN 1 Kuta.

Dalam sambutannya Sudikerta menjelaskan Lomba Gugus Depan yang berpangkalan di SD, SMP dan SMA di masing-masing Kwarcab se-Bali merupakan realisasi dari Revitalisasi Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal yang dapat membentuk karakter anak-anak  seperti kejujuran, moral, etika, disiplin,  budi pekerti sehingga  menumbuhkan generasi muda yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta dapat menangkal kenakalan remaja.  ”Anak-anak kelas X dan XI bisa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Pramuka agar tidak terjerumus dalam kegiatan-kegiatan yang negatif seperti terlibat kebut kebutan di jalan, tawuran serta narkoba,“ kata Sudikerta  Tim Penilai Gugus Depan Tergiat Provinsi Bali I Ketut Wija dalam sambutannya mengatakan, Gugus Depan sebagai ujung tombak Kepramukaan memiliki peran yang sangat strategis dan penting dalam meningkatkan mutu generasi muda. “Pramuka adalah satu-satunya solusi untuk memecahkan dan menyelesaikan permasalahan remaja karena Pramuka berhasil menggabungkan antara teori dan praktek,” imbuhnya.

Setelah melakukan penilaian di SMAN 1 Kuta , Tim Penilai juga akan melakukan penilaian di SD No. 1 Darmasaba dan SMPN 1 Petang. Sekolah tersebut merupakan duta Badung pada Lomba Gugus Depan Tergiat Tahun 2011.

Baca Juga :
Akbar Tanjung: Rapimnasus Sesuai Aturan

 

 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.