SMA 1 Nusa Penida Wakili Bali ke Nasional

Metro Bali
single-image

SMAN 1 Nusa Penida Wakili Bali ke Nasional

Klungkung (Metrobali.com)-

Plh Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Kadisdikpora I Nyoman Mudarta, Camat Nusa Penida I Ketut Sukla, Kepala Sekolah SMA 1 Nusa Penida Nyoman Dunia, beserta SKPD terkait menerima rombongan Tim Penilai Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS) Tingkat Nasional di SMA Negeri 1 Nusa Penida Kamis (13/6). Hadir pula pada acara penilaian ini dari DPR, PKK, serta Tim Pembina UKS dari Kecamatan, Kabupaten, dan Provinsi.

SMA 1 Nusa Penida Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung terpilih mewakili Provinsi Bali untuk berlaga pada Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional. Sebelumnya pada september tahun 2013 lalu, sekolah yang terletak di Desa Ped Kecamatan Nusa Penida ini sukses menjadi yang terbaik di Tingkat Provinsi.

Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Agus Suharianto mengingatkan, bahwa tujuan UKS bukanlah lomba, melainkan bagaimana kita meningkatkan pemahaman terhadap prilaku hidup bersih dan sehat. Agus Suharianto mengatakan Lomba UKS tahun 2014 ini masih merupakan penyempurnaan dari tahun-tahun sebelumnya., dimana selaku tim penilai,  pada tahun ini dan tahun lalu tidak menghasilkan juara, namun dikategorikan menjadi the best performance  dan the best achievement. Hal ini untuk mengakomodir sekolah-sekolah yang lokasinya ada di kota besar yang memiliki sarana dan prasarana bagus akan dinilai kinerjanya melalui the best performance, sementara sekolah yang lokasinya di pelosok desa, karena secara umum sekolah yang lokasinya agak jauh dari kota, fasilitas dan sarana serta prasarananya kurang memadai namun bila sekolah itu memiliki upaya yang sangat kuat, keinginan yang sangat tinggi untuk menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat, maka sekolah tersebut akan dinilai melalui the best achievement-nya. Rombongan tim penilai berjumlah 11 (sebelas) orang, masing-masing dari Kementrian Kesehatan, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Agama, serta dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

FOTO 3 (5)

Plh Bupati Kasta dalam sambutannya mengucapkan selamat datang sekaligus mengucapkan terimakasih atas terpilihnya Kabupaten Klungkung sebagai Duta Provinsi Bali dalam Lomba UKS Tingkat Nasional, beliau juga menyambut baik kegiatan lomba seperti ini karena lomba UKS ini mempunyai tujuan yang sangat mulia, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan keterampilan hidup bersih dan sehat. Sejak usia dini anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa, yaitu melalui program yang disebut TRIAS UKS mencakup pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan lingkungan sekolah sehat. Bertitik tolak dari tujuan dan program trias UKS tersebut maka Plh Bupati Kasta mengharapkan agar lomba semacam ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

FOTO 2 (14)

Pada kesempatan ini pula Plh Bupati Kasta atas nama Pemerintah Kabupaten Klungkung menyampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Bali, instansi terkait dan kepada SMA 1 Nusa Penida beserta staf dan komite sekolah, serta semua pihak yang telah membantu dalam persiapan dan pembinaan, sehingga lomba UKS ini dapat di ikuti dengan baik sebagai Duta Bali untuk bersaing di tingkat nasional.

Sementara itu Gubernur Bali yang diwakili oleh Kabag Kesra Provinsi Bali I Komang Hendri menyampaikan apresiasi kepada Pemerintahan Kabupaten bersama masyarakat sekolah dan lingkungannya atas prestasi yang diraih dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2013 sebagai juara lll nasional melalui dutanya SMP Negeri 1 Dawan. SUS-MB

 

Bagikan :
Baca Juga :
Kodam Jaya bersama Paspampres Kawal Ketat Tamu VVIP OKI

Leave a Comment

Your email address will not be published.