Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Simulasi : Massa Beringas ‘Seruduk’ KPU Buleleng

Metro Bali
single-image

Keterangan foto: Demikian cuplikan Simulasi Pengamanan Kota yang dilakukan oleh Polres Buleleng di Lapangan Buwana Patra Singaraja yang melibatkan 350 personil yang dipimpin langsung Waka Polres Buleleng Kompol, Ronny Riantoko, S.I.K, M.M/MB

Ketua KPU Buleleng ‘Ngacir’ Naik Mobil APC Tambora, Amankan Diri Ke Polres Buleleng

Buleleng, (Metrobali.com) –

Ratusan massa dengan beringas mendatangi sekretariat Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Buleleng, hal ini membuat anggota polisi yang sedang  berjaga-jaga menjadi kaget dan kewalahan dengan kedatangan massa tersebut. Massa dengan lantang berteriak-teriak sambil mengacung-acungkan senjata yang berkeinginan menemui Ketua KPU Buleleng.

Kendatipun kehadiran massa cukup banyak, namun anggota polisi yang sedang berjaga di Kantor KPU dan dipimpin langsung Kapolsek Singaraja Kompol AA. Wiranata Kusuma, S tetap bertahan dan berusaha untuk menghalau massa yang begitu banyak, agar tidak melakukan perbuatan “Anarkis“. Upaya anggota polisi ini, tidak berhasil dan kewalahan, mengingat massa jumlahnya cukup banyak dan sulit dikendalikan.

Guna menjaga kemungkinan yang lebih buruk, Kapolsek AA. Wiranata meminta bantuan kepada satuan atas yaitu Polres Buleleng melalui Handy Talky (HT) yang diterima langsung oleh Kabag Ops Polres Buleleng Kompol I Gede Wali, SH.

Mendapat laporan dari Kapolsek Singaraja yang sudah tidak bisa lagi mengatasi massa yang sudah mulai mengarah “anarkis”, selanjutnya Kabag Ops Gede Wali memerintahkan Kasat Samapta untuk membantu dengan mengirimkan Dalmas Awal, yang terdiri dari 1 pleton atau 30 orang anggota ke Kantor KPU. Setibanya di Kantor KPU, Dalmas Awal ini langsung membentuk formasi untuk menghalau massa.

Namun massa semakin beringas dan tetap menuntut masuk ke Kantor KPU untuk bertemu dengan Ketua KPU. Upaya Dalmas Awal mengatasi massapun menjadi kewalaham karena massa semakin banyak berdatangan dan bergabung dengan massa yang sudah ada di depan Kantor KPU.

Baca Juga :
KPU Gandeng Aparat Keamanan dan Kominfo Berantas Kampanye SARA

Situasi memanas  tak terkendalikan dan Dalmas Awal tidak mampu menghalau massa, maka  Team Khusus yang terdiri dari gabungan pengamanan tertutup dan yang berpakaian dinas langsung mengamankan Ketua KPU dengan menaikkan ke mobil APC Tambora (Armoured Personal Carrier ) untuk diamankan ke Mapolres Buleleng.

Pada sisi lain, Kasat Sabhara AKP Made Muliada, S,H kembali menghubungi Kabag Ops Gede Wali untuk mengirimkan Dalmas Lanjut yang terdiri dari 1 Kompi, lengkap dengan peralatan yang ada. Begitu juga, Armoured Water Cannon (AWC)  langsung diluncurkan menuju Kantor KPU Buleleng. Setelah penanganan massa dilakukan secara bersama antara gabungan Dalmas Awal dan Dalmas Lanjut serta menggunakan mobil AWC, akhirnya massa dapat dikendalikan dan massa membubarkan diri untuk kembali kerumah masing-masing. Mengingat situasi dapat dikendalikan oleh pihak Kepolisian dan suasana menjadi aman, lancar dan kondusif.

Demikian cuplikan Simulasi Pengamanan Kota yang dilakukan oleh Polres Buleleng di Lapangan Buwana Patra Singaraja yang melibatkan 350 personil yang dipimpin langsung Waka Polres Buleleng Kompol, Ronny Riantoko, S.I.K, M.M. “Simulasi Sistim Pengamanan Kota dilakukan untuk membuktikan kesiapan Personel Polres Buleleng dalam menjaga situasi kamtibmas dalam rangka Pemilu 2019 menjadi Pemilu yang damai, aman dan sejuk” tandas Ronny Riantoko.

Pewarta: Gus Sadarsana
Editor: Hana Sutiawati

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.