Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sidak Kali Pertama Pangdam Jaya ke Ciliwung

Metro Bali
single-image

Sidak Kali Pertama Pengdam Jaya ke Ciliwung

Sidak Kali Pertama Pangdam Jaya ke Ciliwung

Jakarta (Metrobali.com)-

Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana melakukan Sidak terhadap prajuritnya  yang tengah karya bhakti bersama masyarakat membersihkan sampah di  sepanjang bantaran kali Ciliwung minggu pagi (20/9).

Sidak yang merupakan kali pertama semenjak menerima tugas jabatan Pangdam Jaya pekan lalu dari Letjen TNI Agus Sutomo, SE yang sejak Desember 2014 telah membangun ‘pondasi-pondasi’ pembenahan kali Ciliwung baik secara fisik maupun menggugah kesadaran masyarakat yang tinggal dipinggirannya untuk selalu merawat Ciliwung.

Meski merupakan Sidak kali pertama bukan berarti Pangdam Jaya asing dengan Ciliwung, justru sebaliknya pengalaman saat menjadi Kasdam Jaya tahun lalu sebelum mendapat promosi jabatan di BIN,  menjadikannya sebagai sosok yang tepat untuk meneruskan pekerjaan selama ini. Saat menjadi Kasdam Jaya, Teddy Lhaksmana sudah sering meninjau dan memberi arahan tentang Ciliwung kepada prajurit Kodam Jaya.

Seperti pernyataan nya beberapa waktu lalu didepan media, Pangdam Jaya mengaku siap melanjutkan amanat yang telah diemban pejabat sebelumnya. Ia berjanji melanjutkan tugas pembinaan prajurit pada 2015 ini.
“Menjawab visi misi saya, satu tahun pembinaan ini belum selesai ya saya lanjutkan dulu. Nanti tahun depan tantangan mungkin akan berbeda lagi. Dan tadi saya sudah berjanji akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan,” tutur Pangdam Jaya kala itu.

Memenuhi janjinya, sidak ke kali Ciliwung menjadi prioritas Pangdam Jaya untuk meneruskan pencapaian target yang masih belum tuntas mewujudkan Ciliwung Bersih Sehat dan Indah hingga akhir tahun ini.

Karena kondisi air Ciliwung yang dangkal, Sidak dilakukan Pangdam Jaya bersama rombongan yang turut mendampingi seperti Danrem 051/Wkr, Asrendam, Asintel, Aster, Kazidam, Kakesdam, Kapendam, Dandim 0505/JT dan Dandim 0504/JS dilakukan melalui rute darat yang diawali dari jembatan Kalibata.

Baca Juga :
Banjar Sengguhan Bulatkan Tekad Menangkan BAGIA dan Koster-Ace 

Dilokasi ini tampak personel Kodam Jaya bersama petugas Pemprov DKI dan masyarakat tengah melakukan pekerjaan pengangkatan sendimen kali dan memeriksa kontruksi jembatan kalibata (jembatan bawah) yang akan di bongkar.

Pangdam Jaya memberikan arahan agar pembongkaran jembatan bawah kalibata secepatnya  dilakukan karena dapat menyebabkan sampah menyarang, pihak pihak disekitar yang akan dirugikan harus diberi pemahaman dan pengertian bahwa pembongkaran jembatan demi kepentingan masyarakat banyak.

Selesai dari jembatan kalibata, rombongan Pangdam Jaya bergerak menuju kali Hitam.
Di lokasi ini Pangdam Jaya mendapat penjelasan dari salah satu pekerja mengenai  pekerjaan pembangunan  jalan di pinggir sepanjang aliran ciliwung

Setelah dari kali Hitam dan jembatan kalibata, rombongan Pangdam  Jaya bergerak menuju Bidaracina, kali ini sasarannya melihat langsung pemanfaatan Filter air Ciliwung menjadi air bersih, sehat dan siap minum oleh masyarakat.

Dilokasi sudah banyak warga yang tengah antri mengambil air di tempat filter air bersih. Kecilnya debet air Ciliwung menyebabkan masih sedikit air siap minum yang dihasilkan.
Di bangunan Filter Air Bersih, Pangdam Jaya memberikan pengarahan kepada rombongan agar air siap minum yang dihasilkan benar benar bisa dinikmati masyarakat.
Pangdam Jaya juga menyampaikan ajakan kepada Camat Jatinegara Bapak Budi Setiawan dan Lurah Bidaracina Bapak H. Romli, SE di salah satu rumah warga untuk terus bekerja melanjutkan pembenahan Ciliwung.

Berahirlah Sidak kali pertama Teddy Lhaksmana sebagai Pangdam Jaya, teriring harapan Ciliwung dapat menjadi icon Jakarta bahkan Indonesia beberapa waktu ke depan. RED-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.