Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Seniman Jembrana Tutup PKB XXXVI 2014

Metro Bali
single-image

Tarian Makepung Khas Jembrana

Jembrana (Metrobali.com)-

Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-36 tahun 2014, Kamis (10/7) malam ditutup dengan penampilkan seniman-seniman dari Jembrana di Ardha Candra Taman Budaya Denpasar. Salah satunya oleh Sanggar Sangita Mredangga Desa Batuagung Kecamatan Jembrana.

Disaksikan Bupati Jembrana I Putu Artha bersama istri Ni Kade Ari Sugianti dan istri Wakil Bupati Jembrana Ani Setiawarini Kembang serta Sekda Jembrana Gede Gunadnya, sanggar Sangita Mredangga yang dimotori oleh Ida Bagus Sulinggih menampilkan tabuh lelambatan dengan judul Gentuh yang terinspirasi dari peristiwa kehidupan di sungai Jro Pangentuh di Desa Batuagung.

Tidak saja menampilkan tetabuhan dan tarian para penabuh yang bak air mengalir, Sanggar Sangita Mredangga juga menampilkan tari kreasi berjudul Mebat dan Tani Tune. menceritakan kehidupan petani yang lugu dan pasrah dengan nasib.

Sebagai pamungkas, Sanggar Sangita Mredangga menampilkan fragmentari berjudul Makepung. Sebuah tradisi dan budaya adiluhung masyarakat Jembrana yang berasal dari daerah agraris dan kehidupan pertanian masyarakat Jembrana yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Nasional. MT-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Maradona Siap Latih Timnas Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published.