Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sekolah Vidya Karuna Tempati Gedung Baru, Mitra Terpercaya Bangun Karakter Anak Positif dan Mandiri

Metro Bali
single-image

Foto: Peresmian gedung baru Sekolah Vidya Karuna di Banjar Petangan Gede, Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Sabtu (22/2/2020).

Denpasar (Metrobali)-

Sekolah Vidya Karuna menempati gedung baru di Banjar Petangan Gede, Desa Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, yang diresmikan oleh Wakil Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Sabtu (22/2/2020).

Sebelumnya sekolah untuk tingkat PAUD dan SD yang berdiri sejak Juni 2012 ini berlokasi di Gang Ratna, Banjar Merta Gangga, Desa Ubung Kaja. Belakangan karena bertambahnya jumlah siswa kondisi gedung sekolah lama dianggap tidak representatif lagi.

Maka sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Kalyanamitta Vatthu Bali ini diputuskan dipindahkan ke gedung baru yang sebenarnya merupakan bagian areal Hotel Taman Wirama ini.

Areal gedung sekolah yang baru ini pun lebih representatif, nyaman dan juga rindang serta sangat mendukung aktivitas belajar mengajar siswa dan pengelola sekolah.

“Bersyukur kami bisa pindah ke sini. Tempatnya masih asri, jalan masuk ke dalam, aman, dan banyak pohon. Anak-anak puas bermain dan senang menjelajah sekeliling,” kata Ketua Yayasan Kalyanamitta Vatthu Bali Evi Wirayanti, S.Psi., disampingi Agus Wirajaya selaku Ketua Panitia.

Evi mengisahkan bahwa pada tahun 2013 Sekolah Vidya Karuna mulai beroperasi dengan 5 anak didik di rumah kecil seluas 4 are berlokasi di Gang Ratna, Banjar Merta Gangga, Desa Ubung Kaja. Baru pada tahun 2017 sekolah ini mendapatkan izin operasional dan di tahun 2019 sudah sampai tingkat kelas 3 SD.

“Saat ini kami punya total 72 orang siswa dengan 60 orang siswa PAUD dan 12 orang siswa SD,” terang Evi yang merupakan sarjana psikologi ini.

Sekolah Vidya Karuna mengusung visi menjadi “Mitra Terpercaya Membangun Karakter Anak Positif dan Mandiri.” Sejak awal  sekolah ini juga menyadari perlunya kolaborasi antara sekolah dan keluarga dalam membimbing anak.

Baca Juga :
Stikom Bali Gelar Malam Pelestarian Budaya

Hal ini pun tercermin pada logo Vidya Karuna yang menggambarkan ada 5 figur orang bergandengan tangan. Hal itu melambangkan kerjasama sekolah, orangtua, anak didik, pemerintah, dan masyarakat.

“Membentuk generasi muda bangsa yang hebat diperlukan kerjasama dari kelima elemen tersebut,” terang Evi.

Sementara itu Ketua Panitia Peresmian Sekolah Vidya Karuna Agus Wirajaya yang juga Sekretaris Yayasan Yayasan Kalyanamitta Vatthu Bali mengaku bersyukur atas pemindahan sekolah ini.

“Ini anugrah luar biasa. Niat baik akan menemukan jalannya sendiri. Kami mohon doanya agar sekolah ini bisa berjalan terus,” kata Agus Wirajaya yang juga Anggota Komisi III DPRD Kota Denpasar ini.

Tokoh muda yang juga peduli pada dunia pendidikan ini mengatakan Sekolah Vidya Karuna sejak awal didirikan mengusung idealisme mewujudkan pendidikan yang menyenangkan dan membekali siswa mengamalkan budi pekerti.

“Anak-anak yang berbakti, berbudi luhur jadi modal penting saat mereka tumbuh dewasa. Anak-anak ini seperti bibit unggul. Jadi lingkungannya harus jaga agar bibit unggul ini tumbuh dengan baik,” pungkas Agus Wirajaya.

Wakil Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara juga mengapresiasi keberadaan Sekolah Vidya Karuna dan kontribusinya menyiapkan SDM unggul, berkarakter dan berbudi pekerti luhur di Kota Denpasar.

“Sekolah ini membantu Pemkot Denpasar mendidik anak sejak usia dini sehingga tercipta SDM unggul dan berkarakter,” kata Jaya Negara yang juga berkesempatan berkeliling melihat areal sekolah ini serta terkesima dengan penampilan kreativitas siswa sekolah ini baik berupa tari, senam hingga atraksi wushu.

Jaya Negara lantas menegaskan komitmen Pemkot Denpasar memberikan layanan pendidikan yang semakin baik dan mewujudkan wajib belajar 12 tahun serta melakukan berbagai upaya menyiapkan SDM unggul dan berdaya saing.

Baca Juga :
Sengketa Tanah Rp 11 Milyar ,Pemangku Hindu Mangku Made Sarja Pra Peradilkan Kapolda Bali

“Anak-anak muda saya ajak tidak hanya menjadi SDM unggul tapi harus berdaya saing dan agar mampu jadi tuan rumah di rumah sendiri,” pungkas Jaya Negara. (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.