SDN 1 Semarapura Tengah Dinilai Tim Provinsi

Metro Bali
single-image

Klungkung (Metrobali.com)-

SDN 1 Semarapura tengah yang merupakan wakil Kabupaten Klungkung untuk katagori siaga dinilai Tim Provinsi dalam lomba Gugus Depan Tergiat Kwarda Bali (9/11) Sabtu. Dalam lomba Gugus Depan Tergiat Kwarda Bali setiap Kabupaten diwakili oleh 3 Sekolah dengan tingkat yang berbeda untuk masing-masing katagori.

Dari Kabupaten Klungkung untuk katagori siaga diwakili oleh SDN 1 Semarapura, untuk katagori Penggalang diwakili oleh SMPN 1 Nusa Penida yang dinilai pada Jumat lalu, sedangkan untuk katagori Penegak diwakili oleh SMA Pariwisata PGRI Dawan Klungkung. dalam lomba tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Klungkung yang didampingi oleh Kepala Kwarcab Klungkung Ngakan Mintu serta Pembina dari Gugus Depan Klungkung. Sedangkan kedatngan Tim Penilai Provinsi dipimpin oleh Ir. Made Dana.

Dalam sambutan Kepala Mabigus Ni Ketut Nilawati yang juga Kepala Sekolah SDN 1 Semarapura Tengah menyampaikan bahwa anggota siaga Gugus depan Klungkung yang berpangkalan di sekolah SDN 1 Semarapura Tengah terdiri dari 2 perindukan putra dan putri. Perindukan putra terdiri dari perindukan Gajah Mada dan Perindukan Kebo Iwo sedangkan perindukan putri terdiri dari perindukan Dewi Sartika dan Kartini. Dengan filosofi penamaan nama-nama pahlawan terhadap Gugus depan Klungkung diharapkan dapat mewarisi dan meneruskan nilai-nilai nasionalisme kedua tokoh besar tersebut dalam memperjuangkan nasib kaum wanita serta nilai pengorbanan terhadap kedua tokoh besar tersebut.

Dalam lomba tersebut gugus depan klungkung juga berupaya menyelenggarakanberbagai kegiatan unggulan dan inovatif diantaranya seperti pengolahan bahan bekas menjadi barang berharga, praktik kegiatan yang bersinergi dengan kearifan lokal seperti ngulat ancak, kelangsah, katik sate, membuat janur, dan seni budaya lainnya, pengembangan kompetensi TIK Siaga dan pengembangan wawasan melalui pembuatan kliping.

Dalam sambutannya, Bupati Tjok Agung menyampaikan bahwa dengan melihat tugas pokok Gudep ini maka sangat tepat dan strategislah program Kwartir Daerah Bali pada hari ini menyelenggarakan lomba Gudep dan dilakukan secara berkala sehingga harapan kami, tidak lomba yang menjadi penekanan tetapi lebih banyak pembinaan, serta mencari data tentang kondisi riil di lapangan untuk dapat dirumuskan program strategis lainnya sehinggakeberadaan pramuka dapat lebih berkembang dan dicintaioleh kaum muda kita.  SUS-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Legislator pertanyakan kekosongan Dirjen di Kemenkumham

Leave a Comment

Your email address will not be published.