Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Saat Hari Lahir Pancasila, Rai Wirajaya dan BI Bali Serahkan Bantuan 1.200 Paket Sembako, Ajak Bangkit Sambut New Normal

Metro Bali
single-image

Foto: Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya saat menyerahkan bantuan sembako, Senin (1/6/2020).

Denpasar (Metrobali.com)-

Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya terus memberikan sumbangsih lewat aksi kemanusiaan menyentuh berbagai pihak yang membutuhkan dan terdampak pandemi Covid-19.

Kali ini Rai Wirajaya menyerahkan bantuan total 1.200 paket sembako kepada sejumlah pihak di Gedung Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali, Jl. Kapten Tantular Nomor 11, Niti Mandala Renon, Denpasar, Senin siang (1/6/2020) bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

Bantuan terkait penanganan Covid-19 yang difasilitasi Rai Wirajaya ini diserahkan bersama Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho.

Kegiatan penyerahan bantuan ini juga dibantu dikoordinasikan Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (DPN Peradah Indonesia) yang mengajukan daftar penerima bantuan ini.

“Kami ingin terus bergerak membantu meringankan beban masyarakat akibat pandemi Covid-19,” kata Rai Wirajaya usai penyerahan bantuan.

Bantuan total 1.200 paket sembako ini diberikan kepada perwakilan sejumlah kelompok/ pihak penerima bantuan. Diantaranya Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Perumda Bukti Praja Sewakadarma Kota Denpasar.

Lalu sejumlah Banjar Adat seperti Banjar Kaja Desa Adat Sesetan, Banjar Kubu Delod Tukad Desa Adat Sesetan, Banjar Buana Agung Desa Adat Padangsambian, Banjar Pagutan Desa Adat Padangsambian.

Bantuan juga diberikan kepada Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Unud,  DPP Peradah Provinsi Bali dan Paguyuban Sedulur Kediri Bali.

Rai Wirajaya yang merupakan Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan ini menerangkan bantuan sembako ini merupakan bentuk sinergi dengan BI Bali.

Dimana dari BI Bali memberikan 800 paket sembako dan ditambah bantuan pribadi dari Rai Wirajaya sebanyak 400 paket sembako.

Baca Juga :
PIALA DUNIA : 2018 Pizzi nyatakan Arab Saudi tidak takut lawan Rusia

“Jadi totalnya 1.200 paket dan kami harapkan bantuan ini bisa bermanfaat,” ujar Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali ini.

Ia menambahkan kasus Covid-19 di Bali mulai landai tapi kebutuhan masyarakat terhadap sambako tetap harus diperhatikan. Ia mengakui sebenarnya banyak permintaan tapi karena keterbatasan kemampuan, jadi perlahan bantuan sembako ini disalurkan ke masyarakat.

“Kami tidak mau di awal grasa grusu apalagi cari perhatian publik. Jadi kami bertahap salurkan bantuan ke masyarakat,” tegas Rai Wirajaya yang juga Dewan Pertimbangan DPN Peradah Indonesia ini.

Disinggung soal pemberian bantuan sembako yang bertepatan dengan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Rai Wirajaya mengajak agar spirit Pancasila ini makin meneguhkan kebersamaan di tengah pandemi Covid-19.

“Kumandangkan kesaktian Pancasila, Garuda Pancasila berkibar, kembangkan sayap, bersatu kita akan kuat melewati masa sulit pandemi Covid-19,” ujar kata politisi PDI Perjuangan asal Peguyangan, Denpasar ini.

Ia pun mengajak masyarakat bersiap ke depan menghadapi era New Normal dan menaati berbagai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho mengungkapkan bantuan sembako masih dibutuhkan sekarang ini saat pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Dengan bantuan sembako ini, masyarakat paling tidak bisa bertahan sambil menunggu pelan-pelan New Normal,” tegas Trisno lantas mendorong pihak dan lembaga lain bersama-sama memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Ketua DPN Peradah Indonesia I Gede Ariawan, S.IP.,M.IP., dalam laporannya menyampaikan para penerima bantuan ini merupakan mereka yang membutuhkan. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Rai Wirajaya bersama BI Bali ini.

“Kami harapkan juga lebih banyak pihak yang peduli bersama-sama meringankan beban masyarakat,” kata tokoh muda yang akrab disapa Ige ini.

Baca Juga :
"Rapor Merah" untuk Duet Dula-Gasa di Manggarai Barat

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin mengapresiasi kepedulian Rai Wirajaya bersama BI Bali dalam memberikan bantuan sembako ini, terlebih juga bertepatan dengan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Dengan spirit dan implementasi nilai-nilai Pancasila, semoga kita semakin kuat menghadapi pandemi Covid-19 dan menuju New Normal,” kata Rentin yang juga Kalaksa  (Kepala Pelaksana) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Bali.

GassPoll Kucurkan Bantuan di Seluruh Bali

Sebelumnya Rai Wirajaya tak henti menjalankan misi sosial dan aksi kemanusiaan memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Pada Selasa (12/5/2020) Rai Wirajaya bersama BI Bali menyerahkan bantuan berupa 1.300 paket sembako (berisi beras, minyak goreng gula, dll) serta 5.000 psc masker kepada berbagai kelompok masyarakat di Denpasar dan sejumlah lembaga.

Bantuan diserahkan kepada MDA (Majelis Desa Adat) Bali, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Bali, STAI Denpasar, PP Muhammadiyah Bali, Bendesa Adat Yang Batu, Desa Dangin Puri Kangin, Lingkungan Banjar Tegeh, dan Lingkungan Banjar Antap, Yayasan Lengis Bali, ACT Foundation Cabang Bali, dan Paguyuban Wathan Lamahala.

Pada Jumat Jumat (8/5/2020) Rai Wirajaya bersama BI Bali dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Bali menuju kabupaten paling timur pulau Bali, Karangasem menyerahkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) seperti, masker, hand sanitizer, wastafel portable dan sembako.

Sebelumnya Rai Wirajaya bergerak di Kabupaten Jembrana bersama BI Bali dan BMPD Bali menyalurkan bantuan bagi masyarakat Jembrana berupa APDD seperti, masker, hand sanitizer serta sembako. Bantuan yang diserahkan di kantor BPBD Jembrana ini diterima langsung  Bupati Jembrana, I Putu Artha, Rabu (6/5/2020).

Sebelumnya Rai Wirajaya bersama DPD Ketua DPD Taruna Merah Putih Bali I Bagus Jagra Wibawa juga menyerahkan bantuan APD, face musk, masker dan hand sanitizer di Rumah Sakit (RS) Wangaya Denpasar, Selasa (5/5/2020).

Baca Juga :
Pengamat Ingatkan Konvensi Capres Jangan Sekadar Legitamasi

Rai Wirajaya juga menyisir turus langsung ke 11 Banjar yang ada di Desa Peguyangan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar memberikan bantuan 100 psc masker kepada masing-masing banjar. Ia juga menyerahkan bantuan sembako kepada Perbekel Peguyangan Kaja.

Rai Wirajaya juga menunjukkan kepedulian sosial dengan menyerahkan bantuan masker, sembako, dan susu beruang di Desa Adat Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Rabu (29/4/2020).

Ia juga terjun ke Kabupaten Buleleng untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat Buleleng yang terdampak Covid-19, Kamis (30/4/2020). Bantuan APD dan sembako ini diserahkan bersama-sama dengan BI Bali dan BMPD Bali.

Sebelumnya pada Senin (27/4/2020) Rai Wirajaya bersama dengan BI Bali dan BMPD Bali juga menyerahkan bantuan APD ke Pemerintah Kabupaten Gianyar. Bantuan APD ini seperti masker, sepatu boots, kacamata, wastafel. (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.