Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

RSUP Sanglah Uji DNA Korban Mutilasi

Metro Bali
single-image

tes dna

Denpasar (Metrobali.com)-

Pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar, akan menguji zat asam deoksiribonukleat (DNA) untuk mengungkap identitas korban mutilasi berjenis kelamin wanita yang ditemukan di pinggir Jalan Raya Bukit Jambul, Kabupaten Klungkung, Bali, Selasa (17/6).

“Kami akan melakukan tes darah terhadap pihak keluarga yang merasa kehilangan untuk mencocokkan DNAnya,” kata Kepala Instalasi Forensik RSUP Sanglah, dr Dudut Rustyadi SpF, di Denpasar, Kamis (19/6).

Pihaknya akan melakukan tes DNA karena satu-satunya jalan untuk mengungkap identitas korban. “Iya ini merupakan salah satu cara cepat untuk mengungkap kasus itu,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya mendorong keluarga yang merasa kehilangan kerabatnya agar segera melaporkan kepada pihak berwajib.

Dudut menjelaskan bahwa tes DNA yang dilakukan ada dua tahap, yakni menentukan apakah potongan jenazah itu satu orang atau lebih dan untuk mengetahui identitas korban.

“Untuk pihak keluarga kami perlu pembanding, baik dari anak atau keluarganya. Jadi, kami perlu proses untuk mengungkap itu,” kata Dudut.

Pihaknya bersinergi dan sudah mengambil bahan untuk mengetahui potongan tersebut yang berasal dari satu orang atau lebih dan sampai saat ini sudah ada dua calon yang mendatangi forensik untuk melakukan tes guna menemukan identitas korban.

Orang yang sudah mendatangi forensik tersebut berasal dari Karangasem dan Klungkung. “Sementara baru ada dua calon saja yang sesuai dengan ciri-cirinya yang mendekati ciri-ciri korban,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa kemiripan yang sangat kuat dari orang yang mengaku kehilangan keluarganya berasal dari Karangasem. “Namun, belum kami tindak lanjuti. Sementara sampel darah sudah diambil dan ini baru dugaan,” ujarnya. AN-MB 

Bagikan :
Baca Juga :
Delapan Menteri Pendahulu Yuddy Dukung Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia

Leave a Comment

Your email address will not be published.