Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

RSUD Badung Naik Kelas, Siap Jadi Pusat Rujukan

Metro Bali
single-image
Mangupura (Metrobali.com)-
            Berbagai upaya  yang telah dan sedang  dilakukan  oleh Pemerintah Kabupaten Badung baik pada sisi penyiapan sarana prasarana meliputi peralatan medis dan pembangunan Gedung maupun pada sisi penguatan manajemen  terutama kesiapan sumber daya manusia  yang bertugas di RSUD Badung dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat  mendapat apresiasi oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Apresiasi dan penghargaan tersebut sebagimana tertuang pada keputusan Menteri Kesehatan Republik  Indonesia  Nomor : HK.02.03/I/1127/2013 TentangPenetapan Kelas Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Badung dari kelas C menjadi kelas B. “ Kenaikan kelas ini merupakan wujud Akuntabilitas Masyarakat yang artinya rumah sakit Kabupaten Badung saat ini dipandang telah siap untuk melaksanakan semua pelayanan kuratif kesehatan untuk masyarakat tidak hanya lingkup masyarakat Kabupaten Badung namun harus siap untuk menjadi rumah sakit rujukan Regional”. Demikian  antara lain diuangkapkan oleh Direktur Bina Upaya Kesehatan Rujukan dr. Chairul Radjab Nasution, SpPD (K) M.Kes dalam kunjungannya di Kabupaten Badung  saat penyerahan SK  kenaikan kelas untuk RSUD Badung di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Kamis (27/6).
                Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Kompyang R. Swandika, Kasubdit RSU Publik dr. Diar Wahyu Indriarti Mars, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Badung Dewa Made Apramana, Kadis Kesehatan dr. I Gede Putra Suteja, Dirut Rumah Sakit Daerah Kabupaten Badung dr. Agus Bintang Suryadhi, Kabag Humas dan Protokol AA. Gd raka Yuda. Kabag Umum IB Dirga
            dr. Chairul Radjab Nasution juga menekankan, kenaikan tingkat RSUD Badung agar disertai dengan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, peningkatan SDM aparat rumahsakit serta peningkatan kelembagaan dengan kenaikan status ini maka nomenklatur untuk jabatan direktur akan berubah menjadi Direktur Utama. Lebih lanjut dr. Chairul Radjab Nasution juga mengingatkan bahwa nanti mulai tanggal 1 Januari 2014 akan dilaksanakan system rujukan secara berjenjang dan diharapkan Pemerintah Kabupaten Badung sudah melakukan sosialisasi dan ujicoba terkait rujukan berjenjang sehingga masyarakat benar benar siap untuk menerima pelayanan secara berjenjang yang diawali dari puskesmas hingga rumah sakit umum.
            Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Kompyang R. Swandika dalam ucapan selamat datangnya mewakili Bupati Badung Anak Agung Gde Agung menyampaikan apresiasinya yang tinggi atas perhatian serta assitensi  dan pembinaan yang telah diberikan oleh kementerian kesehatan sehingga akhirnya RSUD badung berhasil naik kelas dari C menjadi kelas B. dikatakannya bahwa berkenaan dengan pembangunan kesehatan memang selama ini  telah  menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Badung beserta segenap stakeholders termasuk dukungan DPRD Badung untuk menjadikan sektor kesehatan sebagai salah satu sektor strategis. “hal ini dilakukan mengingat pembangunan kesehatan ini sejalan dengan kebijakan pemerintah daerah yang menetapkan bahwa kesehatan merupak modal dasar membangun masyarakat yang cerdas dan sejahtera.” ujarnya.
selanjutnya terkait dengan peningkatan status RSUD dari kelas C menjadi kelas B  ini, Kompyang swandika mengatakan bahwa peningkatan status  ini patut disyukuri karena ini merupakan bentuk kerjakeras dan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Dirut RSUD beserta jajarannya yang bersinerrgi dengan Dinas Kesehatan. “Kenaikan kelas ini bukan hanya perlu disyukuri melainkan juga perlu dilakukan peningkatan pelayanan rumahsakit kepada masyarakat,” tegas Kompyan Swandika.
Dibagian lainnya Sekda Kompyang Swandika juga menekankan terkait pelaksanaan system rujukan berjenjang yang akan berlaku mulai 1 Januari 2014, dijelaskannya  bahwa Pemerintah Kabupaten Badung dengan didukung DPRD Kab. Badung sesungguhnya sudah siap untuk penganggaran bahkan sosialisasi sudah mulai dilakukan sejak tahun ini, bahkan kabupaten Badung berkomitmen siap menjadi yang terbaik dalam bidang pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “termasuk penyiapan anggaran untuk menindaklanjuti amanat undang-undang terkait badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) yang disinergikan dengan jaminan kesehatan manguwaras yang akan memberikan jaminan kesehatan secara total kepada seluruh masyarakat Badung” tambah Kompyang. PUT-MB
Bagikan :
Baca Juga :
Siswa SMA Indonesia akan tumbuhkan padi dan ragi di ISS

Leave a Comment

Your email address will not be published.