Rektor Dwijendra University Berikan Kuliah Umum tentang Subak di Universiti Tungku Abdul Rahman, Malaysia

Metro Bali
single-image

Foto: Rektor Dwijendra University Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc., M.MA.,(nomor 3 dari kiri) usai memberikan kuliah umum Universiti Tungku Abdul Rahman (UTAR), Jumat (7/2/2020).

Kuala Lumpur (Metrobali.com)-

Rektor Dwijendra University Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc., M.MA., bertolak ke Kuala Lumpur untuk menindaklanjuti MoU atau kerjasama yang telah disepakati dengan Universiti Tungku Abdul Rahman (UTAR) beberapa waktu lalu.

Pertemuan diawali dengan diskusi tentang kerjasama diantara kedua lembaga pada hari Jumat, 7 Pebruari 2020 di ruang meeting UTAR.

Pihak UTAR dipimpin oleh Vice President for  Research and Development and Commercialization, yaitu Prof  Ts. Dr. Faidz Abd Rahman yang didampingi oleh Dr. Lim Poh Im, Dr. Lai Soon On, Ts. Tan Kok Hong, Irene Wong Hong Lei, Su Wan Ruh.

Beberapa kerjasama yang diprogramkan adalah  collaborative research (penelitian bersama), students exchange (pertukaran mahasiswa), guest lecture (dosen tamu) dan aktivitas pendidikan lainnya.  Salah satu bentuk kerjasamanya yang sudah dilakukan adalah penyelenggaraan kuliah umum.

Rektor Dwijedra University Gede Sedana yang didampingi oleh Ketua Yayasan Dwijendra Dr. Ketut Wirawan, SH.,M.Hum., dan Dekan Fakultas Teknik, Frysa Wiriantari, . MT., memberikan kuliah umum di Universiti Tungku Abdul Rahman seusai pembahasan kerjasama.

Sebagai dosen tamu, Gede Sedana menyampaikan materi tentang Universal Values of Bali’s Landscape and Culture: Case of Subak System. Acara kuliah umum dihadiri oleh sekitar 120 orang yang terdiri dari mahsiswa dan dosen UTAR.

Dalam paparannya, Gede Sedana, menyajikan video tentang subak dan menyampaikan nilai-nilai budaya pertanian dan lansekap subak di Bali yang perlu dipertahankan. Wirawan dan Frysa selanjutnya menambahkan tentang hukum adat dan  nilai-nilai budaya arsitektur tradisional Bali.

Selain memberikan kuliah umum, pihak Dwijendra University juga membahas rencana kerjasama ke depan dalam bentuk collaborative research dan pertukaraan mahasiswa serta penyelenggaraan internasional workshop.

Baca Juga :
PM Irak tolak gerakan pengucilan terhadap Qatar

Ketua Yayasan Dwijendra Dr. Ketut Wirawan, SH.,M.Hum., di hadapan petinggi UTAR menyambut baik dan mendorong adanya kerjasama tersebut dalam upaya untuk mengembangkan Dwijendra University sebagai lembaga pendidikan dibawah Yayasan Dwijendra yang semakin berkualitas.

“Bahkan ke depan akan disiapkan beasiswa untuk mengikuti short course di UTAR,” imbuh Wirawan yang juga mantan Rektor Dwijendra University ini.

Dalam dua bulan ke depan perwakilan dari UTAR akan kembali mengunjungi Dwijendra University untuk membahas kerjasama riil yang akan dilaksanakan bersama. (dan)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.