Reboisasi Kawasan Hutan Pasar Agung : Bupati Geredeg Serahkan 2.700.815 Bibit Penghijauan

Metro Bali
single-image

Karangasem (Metrobali.com)-

Dalam rangka gerakan penanaman satu milyar pohon  untuk Kabupaten Karangasem tahun ini dipusatkan di area rehabilitasi hutan dan lahan kawasan Pasar Agung Jungutan Sibetan Bebandem ditandai  simbolik penyerahan bantuan bibit sebanyak 2.700.815, Senin (26/11) kemarin.  Aksi penghijauan yang juga dikaitkan dengan peringatan Hut Korpri dihadiri 118 kelompok dengan luas lahan 9.401 ha.

Kepala Dinas Pekebunan Drs. I Ketut Mudita, SP, M.Agb., melaporkan, dalam mendukung program penanaman satu milyar pohon Karangasem telah menggarap lahan kritis 37.000 Ha yang telah didukung oleh gerakan masyarakat. Tujuan gerakan penananaman adalah mendorong kepedulian masyarakat, mengajak melakukan pemeliharaan, mencegah terjadinya bencana banjir maupun longsor dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gerakan penanaman dilaksanakan di semua kecamatan meliputi reboisasi 75 Ha dilaksanakan 3 kelompok dengan 97.500 pohon, hutan rakyat 900 Ha untuk 36 kelompok dengan jumlah bibit 325.000 pohon, penghijauan lingkungan 2.801 Ha oleh 29 kelompok dengan jumlah bibit 1.120.000 pohon, Kebun Bibit Rakyat 5.625 Ha melibatkan 45 kelompok dengan jumlah bibit 1.125.000 pohon, reboisasi hutan rakyat dan sempadan pantai sejumlah 33.076 pohon dan kelapa genjah 12.000 pohon tersebar di semua kecamatan. Jenis bibit yang ditanam meliputi Ampupu, sonkeling, gamelina/jati belanda, albesia, mahoni, kajimas, mahoni dan yamplung.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH., menegaskan, pelaksanaan aksi sosial penghijauan hendaknya terus ditingkatkan dalam mendukung misi konservasi alam di  Kabupaten Karangasem, guna menciptakan taraf kesuburan lahan kering dapat diberdayakan sebagai sumber kehidupan dan penghidupan. Upaya penghijauan di wilayah Kabupaten Karangasem bakal terus berlanjut mengingat selama ini kegiatan tersebut sudah menunjukkan hasil yang signifikan, ditandai dilampauinya target penghijauan dalam lima tahun pertama dan penanaman  tahun 2012 juga diprediksi   dilampaui.

Baca Juga :
Kemelut Bali TV dan Biro Humas Pemprov : Sama-sama Merasa Keberatan

Gubernur Bali diwakili Kadis Perikanan dan Kelautan Propinsi Bali, Ir. I Wayan Gunaja, M.Si mengatakan,  kegiatan penyerahan bibit dan penanaman pohon diharapkan tidak hanya diwarnai seremonial saja melainkan bisa menjadi sikap hidup masyarakat melalui upaya motivasi pemerintah bersama seluruh jajaran diperlukan melalui gerakan penanaman satu milyar phon, dalam rangka menuju Bali Clean and Green.

Kegiatan penanaman dalam rangka satu milyar pohon diawali dengan kegiatan persembahyangan bersama sebelum dilaksanakan penanaman phon oleh Bupati Karangasem. Hadir dalam kegiatan tersebut unsur Camat Abang bersama unsur Muspika,  jajaran Dinas Hutbun  Porpinsi, Semua SKPD Kabupaten Karangasem dan Kelompok Masyarakat penerima bantuan.  ANDI-MB

 

 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.