Raker Kwarcab Pramuka Badung, Kegiatan Pramuka Menjadi Unsur Pendukung Dunia Pendidikan

Metro Bali
single-image

Wabup Suiasa disaat membuka rapat kerja (Raker) Pramuka Kwartir Cabang Badung di Gedung Pramuka Kwarcab Badung, Rabu (15/1).

Mangupura (Metrobali.com)-

Kegiatan kepramukaan merupakan suatu kegiatan dibidang pendidikan dalam bentuk kegiatan Extra Kurikuler yang sifatnya wajib, dimana kegiatan kepramukaan merupakan kegiatan yang integral dalam bidang pendidikan di Kabupaten Badung. Maka dari itu diharapkan adanya sinkronisasi dan harmonisasi terhadap agenda-agenda kegiatan sehinga tidak menggagu dan tumpang tindih terhadap pendidikan secara umum itu sendiri  tetapi kegiatan pramuka ini menjadi unsur pendukung dalam dunia pendidikan. Demikian ditegaskan Wakil Bupati Badung selaku Ketua Umum Kwarcab Pramuka Kabupaten Badung I Ketut Suiasa disaat membuka rapat kerja (Raker) Pramuka Kwartir Cabang Badung di Gedung Pramuka Kwarcab Badung, Rabu (15/1). Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Harian Kwarcab I Ketut Widia Astika, Sekretaris Kwarcab Badung Dewa Muartha, Ketua Saka se-Kabupaten Badung beserta seluruh peserta raker.

Lebih lanjut Wabup Suiasa menyampaikan, kegiatan rapat ini merupakan suatu bagian progres rencana kegiatan di Kwarcab Badung kedepannnya, dimana program kegiatan itu perlu disinkronkan dengan kondisi baik di pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, dengan kondisi kegiatan di sekolah sehingga menjadi titik temu persamaan persepsi sudut pandang dan langkah dalam melaksanakan agenda kegiatan melalui perumusan jadwal dan menetapkan kegiatan-kegiatan melalui rapat kerja.

Pihaknya berharap dari rapat ini jadwal yang dibuat dan kegiatan yang ditetapkan benar-benar dipikirkan secara komprensip, menyeluruh dan terpadu. Rapat kerja penyusunan serta penjadwalan kegiatan Kwarcab Badung tahun 2020 ini sangat penting untuk memberikan gambaran tentang program kegiatan kepramukaan di Kabupaten Badung. Sehingga sistem nilai yang didasarkan pada kepramukaan itu dapat membangun dunia pendidikan dalam masyarakat yang lebih baik.

Baca Juga :
VP Software Development Mitrais, I Gusti Putu Kompiang: Lulusan IT Kian Dibutuhkan, Gaji Makin Besar

Sementara itu Sekretaris Kwarcab Badung Dewa Muartha melaporkan, tujuan kegiatan rapat kerja ini adalah mensosialisasikan rencana program kegiatan Kwarcab Badung Tahun 2020, untuk ditetapkan pelaksanaannya dan jadwal kegiatannya serta untuk memberikan informasi ke kwartir ranting dan gugus depan tentang jenis kegiatan kepramukaan Kwarcab Badung tahun 2020. Dimana sasaran dari kegiatan ini dapat menghasilkan kegiatan yang optimal serta dapat memajukan dan mengembangkan kepramukaan di wilayah Kabupaten Badung serta mendorong gugus depan serta kwartir ranting untuk mengembangkan potensinya dalam pembinaan karakter bagi generasi muda kita khususnya di Kabupaten Badung.

Ditambahkan beberapa prestasi yang telah diraih oleh Kwarcab Badung tahun 2019 diantaranya SD 2 Legian berhasil meraih juara harapan I tingkat Nasional Gugus depan unggul, untuk Gugus depan tergiat tahun 2019 SD 2 Tibubeneng meraih juara I dan mewakili Propinsi Bali ke tingkat Nasional, SMPN 2 Kuta Utara meraih Juara II. Dan Penghargaan Dharma Bakti dari Kwartir Nasional gerakan Pramuka untuk Bupati Badung selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) dan Wakil Bupati Badung selaku Kepala Kwartir Cabang (Kakwarcab) Badung pada Tahun 2019.

Sumber : Humas Pemkab Badung

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.