Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Rahina Anggara Kasih Medangsia, Bupati Suwirta melakukan Persembahyangan ke Berbagai Pura

Metro Bali
single-image

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta melakukan persembahyangan di beberapa Pura pada Selasa (13/08/2019). 

 

Klungkung (Metrobali.com)-

 

Pada Rahina Anggara Kasih Medangsia, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta melakukan persembahyangan di beberapa Pura pada Selasa (13/08/2019). 

Persembahyangan diawali dengan mengadakan persembahyangan di Pura Sad Kahyangan Goa Lawah Klungkung, persembahyangan dilakukan berkaitan dengan Karya Pujawali di Pura Sad Kahyangan Goa Lawah Klungkung. Bupati Suwirta melakukan persembahyangan dengan ratusan pemedek.

 

Bendesa Pura Goa Lawah dr. Bagus Darmayasa menyampaikan, puncak karya pujawali dipuput dua sulinggih, yaitu Ida Pedanda Keniten Gria Dawan Kelod, Klungkung dan Ida Pedanda Istri Gria Dawan. Tanggal 13 Agustus ini merupakan puncak piodalan, sedangkan untuk Ida Betara mesineb, akan berlangsung pada Jumat, 16 Agustus 2019.

 

Seusai melakukan persembahyangan Bupati Suwirta meminta kepada pengempon pura agar areal Taman yang terdapat di Pura Goa Lawah dapat ditata dengan baik, dan tanaman yang ada diareal taman dirawat dengan baik untuk memperindah tampilan Pura Goa Lawah. Bupati Suwirta mengapresiasi pemedek yang melakukan persembahyangan di Pura Goa Lawah, karena sudah mulai meminimalkan penggunaan tas sekali pakai pada saat melakukan persembahyangan terkait Pujawali di Pura Sad Kahyangan Goa Lawah.

 

Di hari yang sama, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta juga sebagai salah satu dari pura Catur Lawa, dan menghadiri Puncak Karya Usaba Ngurip Gumi lan Pedudusan Agung di Pura Luhur Sad Kahyangan Andakasa Karangasem kemudian, dilanjutkan dengan menghadiri Rangkaian Karya Pujawali Aci Pengenteg Jagat yang dilaksanakan pada Tanggal 15/8/2019 Purnama Karo, yakni prosesi Nedunang Ida Bhatara yang dilaksanakan di Pura Gelap Besakih Karangasem.  Turut hadir dalam Karya tersebut Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dan Ny. Sri Kasta serta undangan terkait lainnya.

Sebagai komitmennya untuk hadir disetiap upacara yadnya yang dilaksanakan masyarakat, bupati suwirta menghadiri pujawali disejumlah pura. mulai siang hingga malam, bupati bersama ny. ayu suwirta melakukan persembahyangan disejumlah pura diantaranya Pura Dalem Desa Adat Sari Merta Desa Negari, dan Pura Puseh Sari Desa Banjarangkan Kecamatan Banjarangkan, Pura Dadia Pasek Gelgel Taruna Tua di Desa Pakraman Pau Kecamatan Banjarangkan, Pura Dalem Setra Desa Adat Sangkanbuana Kecamatan Klungkung dan Pura Dalem Desa Selat Kabupaten Klungkung.  

 

Baca Juga :
Bocah Tanpa Tangan dan Kaki Harap Kursi Roda

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.