Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Purnama Kasa, Puncak Kaya Pura Usadha Siddhi RSUD Klungkung

Metro Bali
single-image

Foto : Selasa (16/19) dilaksanakan prosesi Puncak Karya Memungkah, Caru Panca Kelud, Rsi Ghana, Melaspas, Mendem Pedagingan lan Pedudusan Alit di Pura Usadha Siddhi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Klungkung.

Klungkung (Metrobali.com)-

Bertepatan dengan Purnama Kasa, Anggara Paing Sungsang, Selasa (16/19) dilaksanakan prosesi Puncak Karya Memungkah, Caru Panca Kelud, Rsi Ghana, Melaspas, Mendem Pedagingan lan Pedudusan Alit di Pura Usadha Siddhi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Klungkung yang dipuput Ida Pedanda Istri Suryati Keniten dari Geriya Kediri Kamasan, Klungkung.

Turut hadir muspayang bakti karya, Istri Bupati Klungkung Ny. Ayu Suwirta, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta beserta Ny. Sri Kasta, Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra beserta Ny. Mariati Winastra, Kepala OPD Kabupaten Klungkung, Direktur RSU Klungkung dr. I Nyoman Kesuma beserta Staf RSUD serta undangan lainnya.

Wakil Bupati I Made Kasta yang hadir dalam prosesi upacara tersebut dalam sambrama wacananya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan upacara yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari suci Purnama Kasa.

Pelaksanaan upacara sendiri memiliki fungsi untuk membersihkan dan menyucikan bangunan baru secara niskala sebelum digunakan. Upacara ini juga sekaligus juga membersihkan seluruh areal Rumah Sakit sehingga nantinya akan tercipta ketenangan dan kedamaian baik bagi jajaran RSUD Klungkung maupun bagi masyarakat yang nantinya datang untuk berobat.

“Dengan upacara ini kita mohonkan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar senantiasa memberikan perlindungan dan keselamatan pada seluruh bangunan yang ada di Rumah Sakit ini sehingga mereka yang akan menempati dan memanfaatkan bangungan tersebut terhindar dari segala hal negatif dan diberi anugerah keselamatan serta kerahayuan, ” ujar Wabup Kasta

Baca Juga :
Atribut Penolakan Reklamasi Semakin Semarak di Desa Adat Legian

Sementara itu, Direktur RSU Klungkung dr I Nyoman Kesuma mengatakan, Pemilihan nama Pura Usadha Siddhi adalah sebagai upaya penghormatan atas karunia Tuhan Yang Maha Sang Hyang Widi Wasa berkaitan dengan upaya pengobatan yang dilaksanakan oleh jajaran RSUD Kabupaten Klungkung dan hasil pengobatan yang diterima para penguna layanan RSUD Kabupaten Klungkung.

Lebih lanjut pihaknya menambahkan, keberadaan Pura Usadha Siddhi RSUD Kabupaten Klungkung yang baru selesai dibangun total baru pada tahun 2019 dan langsung dilakukan Karya Upacara dan Upakara Mamungkah, Caru Manca Kelud, Rsi Ghana, Melaspas. Mendem Pedagingan, Ngenteg Linggih pada hari Sabtu, tanggal13 Juli 2019 dan dilanjutkan dengan Upacara Padudusan Alit sebagai piodalan pertama kali di Pura Usadha Siddhi RSUD Kabupaten Klungkung pada Purnama Kasa.

“Pada hari adalah sebuah tonggak sejarah bukti keseriusan bhakti dan penghormatan oleh Jajaran Karyawan-karyawati RSUD Kabupaten Klungkung kepada Ida Bethare Sesuhunan yang melinggih di Pura RSUD dan juga bagi pemedek, para pengguna layanan serta pemerhati RSUD Kabupaten Klungkung,” ujar dr. Kesuma

Di samping itu, juga ada harapan dan doa agar semua upaya pembangunan fisik secara sekala serta pemberian layanan kesehatan dan kegiatan Iainnya di rumah sakit oleh semua jajaran RSUD Kabupaten Klungkung selalu diberkatiNya sehingga berhasil dengan baik, lancar, dimudahkan, aman dan bebas dari segala rintangan dan mara bahaya.

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.