Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

PSI “Solidaritas Melawan Corona”, Grace Anastasia: Desinfektan Jangan Asal Semprot

Metro Bali
single-image

Foto: Wakil Ketua DPW PSI Provinsi Bali yang juga Anggota Komisi II DPRD Bali Grace Anastasia Surya Widjaja (kanan) di sela-sela aksi penyemprotan desinfektan yang dilakukan DPC PSI Denpasar Utara di sejumlah tempat, Sabtu (4/4/2020).

Denpasar (Metrobali.com)-

Di tengah pro kontra penggunaan desinfektan yang saat ini muncul, Wakil Ketua DPW PSI Provinsi Bali Grace Anastasia Surya Widjaja menyampaikan penggunaan desinfektan tentu harus dilakukan dengan bijaksana dan tepat sasaran dan bukan asal semprot ke semua obyek.

“Nyemprot desinfektan harusnya bisa namun tidak asal semprot, dan tidak sembarangan,” kata Grace Anastasia ditemui di sela-sela aksi DPC PSI Kecamatan Denpasar Utara melakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah tempat ibadah dan sekolah di Denpasar Utara, Sabtu (4/4/2020).

Penyemprotan desinfektan sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 ini dilakukan di GKPB Hati Kudus, GPIBI Friendship, GPI Jalan Suci, PAUD Harapan Bangsa, PAUD Cahaya Permata, dan SMP PGRI 8 Denpasar.

Menurut Grace yang juga Anggota Komisi II DPRD Bali ini yang penting untuk disemprot dengan desinfektan adalah benda-benda yang sering dipegang atau tanpa sadar masyarakat sering kontak dengan obyek tersebut.

“Yang penting untuk diperhatikan itu diantaranya daun pintu, gagang pintu, permukaan meja dan bangku, slot jendela, pagar dan gagang pagar, tiang-tiang bangunan yang sering tanpa kita sandari atau dipanjat anak-anak,” ungkap Grace.

Untuk penggunaan desinfektan kepada tubuh lanjut Grace, sebaiknya mengikuti aturan yang telah diberikan WHO atau dapat berkoordinasi mengenai pihak kesehatan yang lebih paham sehingga penggunaanya tidak merusak tubuh jadi penggunaanya tidak sembarangan.

Namun jika masyarakat ragu, sebaiknya penggunaan desinfektan dilakukan pada permukaan benda, sementara penggunaan kepada tubuh dapat dilakukan dengan sabun.

Baca Juga :
Asosiasi Pengerajin Bali Rambah Bisnis "Online"

Grace menyebutkan, meskipun saat ini sekolah dan tempat ibadah sementara kosong, namun pihaknya tetap melakukan penyemprotan bersama kader dan pengurus PSI Denpasar.

Karena menurutnya ada beberapa orang yang beraktivitas maupun tinggal di sekolah dan tempat ibadah seperti para waker sehingga dengan penyemprotan ini diharapkan membantu menjaga sekolah dan gereja bebas dari virus.

“Kami berharap dengan adanya penyemprotan juga dapat memberi rasa aman secara psikologis kepada para guru dan orangtua murid yang anaknya bersekolah di sini. Demikian juga para umat gereja yang tahu gerejanya sudah disemprot tentu akan merasa aman,” tandas Grace.

Bagi Grace dan PSI, melewati dan mencegah meluasnya dampak wabah Corona ini adalah tugas bersama, dan tidak bisa hanya menyerahkan kepada pemerintah semata.

“Masyarakat tetap harus aktif melakukan pencegahan mandiri seperti menjaga jarak aman, menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjalankan pola hidup bersih sehat serta menjaga imunitas tubuh,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua DPC PSI Denpasar Utara, Mirah Ariswari menyebutkan kegiatan  penyemprotan desinfektan kali ini  dilakukan dalam rangka membantu masyarakat dalam mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Menurutnya ini adalah langkah kecil yang dapat diupayakan guna membantu masyarakat agar tidak banyak yang tertular Corona sehingga dapat menekan angka terjangkitnya korban virus mematikan ini.

“Ini merupakan bagian dari upaya PSI untuk bersama melawan Covid-19. Jika jumlah penderita semakin berkurang, secara tidak langsung kita juga dapat sedikit meringankan beban kawan-kawan kita para tenaga medis yang sedang berjuang menyelamatkan para penderita” ungkapnya.

Ketua DPD PSI Kota Denpasar Gede Eka Wijaya Patriana menegakan pengurus, kader dan anggota legislatif dari PSI Kota Denpasar terus bergerak menjalankan misi kemanusiaan melakukan aksi nyata membantu mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Pulau Dewata.

Baca Juga :
Telkomsel Gelar Seminar #internetBAIK di Kupang

Hal ini dilakukan dengan melakukan penyemprotan desinfektan di berbagai tempat hingga menyalurkan bantuan ke rumah sakit untuk membantu tenaga medis baik berupa APD (Alat Pelindung Diri) hingga sembako.

“PSI sangat serius untuk melakukan berbagai upaya untuk bersama-sama rakyat melawan Corona,” kata Eka didampingi Anggota Komisi III DPRD Kota Denpasar Dapil Denpasar Utara Agus Wirajaya yang juga ikut dalam penyemprotan desifentan ini. (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.