Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Program Pendampingan Pertanian Meningkatkan Produksi Padi

Metro Bali
single-image
Program Pendampingan Pertanian Meningkatkan Produksi Padi

Depok (Metrobali.com)-

Tanaman padi teramat penting sebagai penunjang kebutuhan hidup sehari-hari dan perekonomian petani dalam mencapai kesejahteraan hidup.

Serda Suhartono Babinsa Koramil 06/Cimanggis Kodim 0508/Depok sukses mendampingi Poktan Pulo Damar yang berada di Rt 03/16 Kel. Cilangkap Kec. Tapos Depok, Hasil panen padi yang diperoleh pada awal tahun ini mengalami kenaikan yang signifikan, dengan luas lahan 6 Ha memperoleh gabah kering sebanyak 16 Ton, Sabtu (030617).

Proses penanaman sampai bisa  menghasilkan padi yang melimpah banyak hal-hal yang mempengaharui seperti Jumlah rumpun per hektar, Jumlah anakkan padi, Jumlah gabah bernas, Berat 1000 bulir padi sampai cara budidaya yang benar.

Hal lain yang juga harus diperhatikan dalam meningkatkan hasil panen padi sawah diantaranya pengunaan benih bermutu, penentuan jarak tanam (sistem tanam), pemeliharaan tanaman (pemupukan,pengendalian HPT ) serta penanganan lahan/sawah pasca panen yang baik. Terang Serda Suhartono.

“Saya tak mengenal lelah walaupun berjibaku dengan lumpur dan gatal-gatal di badan.”

Komandan Koramil 06/Cimanggis Mayor Inf Hari Sistiyono menjelaskan bahwa dalam menyukseskan program swasembada pangan ini, Babinsa supaya selalu terjun kelapangan dan berkordinasi dengan PPL sehingga program dapat berjalan dengan lancar khususnya pertanian ini.

Ketua Kelompok Tani Pulo Damar Ibu Samina, saya mewakili Poktan mengucapkan banyak-banyak terima kasih dengan adanya Babinsa yang terjun langsung membantu para petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani sampai membantu memberikan pupuk dan benih padi. “Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa hasil panen padi kali ini sangat baik dan hasilnya melimpah, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkatkan”, ujar ibu Samina.RED-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Menkeu Yakin RAPBN Tak Terganggu Status Jero

Leave a Comment

Your email address will not be published.