Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Program Inovasi TOSS dapat disosialisasikan dan dilaksanakan oleh Kabupaten/Kota di Provinsi Bali

Metro Bali
single-image

Keterangan foto: Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta menghadiri kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik bertempat di Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Ghana, banjar Punduk Dawa Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung pada Jumat (09/08/2019)/MB

Klungkung, (Metrobali.com) –

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta menghadiri kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik bertempat di Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Ghana, banjar Punduk Dawa Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung pada Jumat (09/08/2019).

Laporan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali I Made Teja Selaku Ketua Panitia melaporkan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik kali ini merupakan yang ke-5 kalinya, setelah sebelumnya dilaunching di Batur Kintamani pada tanggal 7 April 2019, kegiatan ini serentak dilakukan oleh Kabupaten/Kota. Pada periode ke-5 kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Kabupaten/kota di Provinsi Bali, dan untuk Provinsi dipusatkan dikitar Kabupaten klungkung pada jumat, (9/8/2019) bertempat di sekitar Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Ghana, banjar Punduk Dawa Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di Pura, pantai, Sungai, Danau, Hutan, Pasar dengan jumlah peserta kurang lebih 13750 orang. 

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan bahwa acara hari ini merupakan komitmen masyarakat Klungkung dalam penanganan sampah plastic di Provinsi Bali. Untuk di Kabupaten Klungkung, kegiatan bali Resik ini sudah diadakan setiap sebulan sekali, dan Klungkung juga mempunyai Inovasi terkait penanganan sampah, yakni Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) yang berhasil masuk TOP 40 Inovasi pelayanan publik dalam ajang Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018, Bupati Juga Menyatakan bahwa pemkab Klungkung juga sudah mengupayakan dari kantor, rumah dinas untuk membuat lubang daur ulang sampah (Bang Daus) dengan sasaran agar sampah organik dapat langsung diolah ditempat sehingga dapat mengurangi volume sampah yang dibuang sehari-harinya.

“Agar kegiatan ini tidak hanya dilakukan hari ini saja, tetapi bisa dilakukan untuk seterusnya”, harap Bupati Suwirta.

Dalam Sambutan Gubernur Bali yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Provinsi Bali I Wayan Suarjana menyampaikan hari ini seluruh komponen masyarakat di seluruh Kabupaten/kota di Bali secara serentak melakukan kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik sebagai wujud komitmen masyarakat dalam mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana.

Dalam sambutannya menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Bali sangat serius terhadap penanganan sampah palstik dan telah menerbitkan Peraturan Gubernur Bali nomor 97 tahun 2018 tentang pembatasan Timbulan sampah Plastik sekali pakai. Langkah in adalah langkah yang baik untuk mewujudkan Bali bebas plastik sekali pakai, seperti kantong plastic, sedotan, plastic, dan stereofoam.

Saya Berharap Bapak/ibu dan peserta yang hadir pada kesempatan ini, mampu menjadi agen perubahan perilaku, mulai dari diri sendiri, rumah sendiri, lingkungan sendiri, dengan mulai memilah dan mengolah sampah kita sendiri, ujar Gubernur Wayan Koster.

Asisten Administrasi Umum Provinsi Bali I Wayan Suarjana, atas nama Pemerintah Provinsi Bali mengapresiasi inovasi TOSS yang dimiliki oleh Pemkab Klungkung, dan mengharapkan agar Program Inovasi Pemkab Klungkung yakni TOSS dapat disosialisasikan kepada Kabupaten/kota di Provinsi Bali dan dilaksanakan juga, agar penanganan sampah hasil rumah tangga masing-masing dapat diolah dengan baik.

Sebelum kegiatan dimulai, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama dengan Asisten Administrasi Umum Provinsi Bali I Wayan Suarjana melakukan penyerahan tanaman secara simbolis yang diterima masyarakat setempat. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Anak Agung Kirana dan masyarakat Kabupaten Klungkung serta undangan terkait lainnya.

Sumber: Humas Pemkab Klungkung

Bagikan :
Baca Juga :
Rektor ISI Berikan Penghormatan Terakhir Wayan Beratha

Leave a Comment

Your email address will not be published.