Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Presiden Akan Hadiri UNAOC Di Bali

Metro Bali
single-image

Teuku Faizasyah

Jakarta (Metrobali.com)-

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menghadiri sekaligus memberikan pidato dalam Forum Global Ke-6 United Nations Alliance of Civilizations (UNAOC) yang berlangsung di Bali pada akhir pekan ini.

Staf khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa (26/8), menjelaskan forum tersebut merupakan pertemuan global yang menjembatani komunikasi antarperadaban dari seluruh penjuru dunia.

“UNAOC sendiri ditujukan untuk mendorong terciptanya “harmony among civilizations”, utamanya dengan menjembatani jurang antarperadaban termasuk Islam dan Barat, serta untuk membangun kemauan politik dan mobilisasi kemauan bersama untuk menghadapi prasangka, salah persepsi dan ekstriminisme dalam masyarakat,” kata Faizasyah.

Pertemuan yang pertama kali diselenggarakan di Vienna, Austria pada 2007 itu, dalam rangkaian acaranya di Bali, akan dihadiri oleh dua special envoy, 20 pejabat setingkat menteri dan pejabat tinggi serta perwakilan dari organisasi-organisasi dan media.

“Di sela-sela rangkaian acara, Presiden RI juga akan melakukan sejumlah pertemuan, antara lain dengan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon, Sekretaris Jenderal OKI Iyad Ameen Madani dan Direktur Jenderal UNESCO Irina Bokova,” kata Faizasyah.

Ia mengatakan, Indonesia yang mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah perhelatan ini, merupakan kehormatan dan bentuk pengakuan internasional atas eksistensi dan peran RI di kancah hubungan internasional.

“Dapat dimaknai sebagai apreasiasi masyarakat internasional terhadap keberhasilan Indonesia menjadi model terdapatnya hubungan yang harmonis antara beragam etnis, ras dan budaya,” katanya.

Ia menambahkan,”di tengah dunia internasional yang masih terus dinodai oleh konflik yang mengatasnamakan keunggulan peradaban tertentu, forum UNAOC mengingatkan kita kembali arti penting dari kesinambungan upaya membangun saling pengertian antar peradaban.” Forum ke-6 UNAOC di Bali akan berlangsung sejak 27 hingga 29 Agustus 2014. AN-MB 

Bagikan :
Baca Juga :
SSB Banteng Muda Dari Jatim Berhasil Rebut Tiket ke Maroko di Final Nasional Aqua Danone Nations Cup 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published.