Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pramuka SMA N 1 Blahbatuh tutup Bulan Pandu Blasman dengan Upacara Peringatan Hari Lord Baden-Powell

Metro Bali
single-image

 

Gianyar (Metrobali.com) –

Semua anggota Pramuka SMA Negeri 1 Blahbatuh (Blasman) diajak untuk meneladani hidup dan menghayati pesan – pesan Lord Robert Baden Powell dalam aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan sebagai seorang pramuka. Hal itu disampaikan Dewa Putra saat menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Lahir Baden Powell ke 163 yang dilaksanakan oleh Ambalan Civa Mukti Dhurga Nandini Gugus Depan 01.085-01.086 SMA Negeri 1 Blahbatuh, pagi tadi (22/02/2020) di Lapangan Astina Jaya Blahbatuh.

“Perjalanan hidup Bapak Pandu Sedunia dan warisan nilai – nilai dalam aktivitas kepramukaan wajib kita hayati dan laksanakan sebagai seorang Pramuka. Pesannya mengenai kebahagiaan, kemanusiaan menjadi teladan untuk kita semua” ungkapnya

Dalam sambutannya membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional yang mengajak seluruh anggota pramuka melakukan langkah – langkah kecil yg menjadi cita – cita Baden-Powell yitu berusaha menjadikan dunia yang lebih baik. Itulah yang menjadi slogan gerakan kepramukaan sedunia saat ini yaitu, “Para Pramuka Menciptakan Dunia yang Lebih Baik”.

“Upaya menciptakan dunia yang lebih baik itu dapat kita lakukan mulai dari lingkungan terkecil, yaitu di dalam keluarga masing-masing. Berusaha hidup damai dengan sesama keluarga, tidak saling menyakiti, tidak melakukan perundungan dan tidak terjadinya kekerasan dalam rumah tangga.”

Di lingkungan masyarakat kita juga berusaha agar tidak terjadinya intoleransi, dengan saling menghormati satu sama lain, apa-pun latar belakangnya. Baden-Powell juga telah memberikan teladan dengan menyelenggarakan jambore yang terbuka untuk semua, tanpa membeda-bedakan pesertanya.

“Kita juga harus menjaga agar setiap Pramuka dapat menjadi yang terdepan dalam mencegah berkembangnya ujaran kebencian, kabar bohong, maupun perilaku negatif lainnya. Termasuk mencegah peredaran narkoba, meluasnya pornografi, tawuran, dan perilaku kriminalitas lainnya” imbuhnya.

Baca Juga :
RSUP Sanglah Gelar Film Festival 2014

Upacara Peringatan yang digelah oleh Pramuka SMA N 1 Blahbatuh (Blasman) menjadi rangkaian penutup kegiatan Bulan Pandu Blasman. Selama sebulan seluruh anggota Pramuka Blasman menyambut dan memperingati Hari Baden Powell dengan beragam aktivitas mulai dari bersih sampah plastik, penanaman pohon, kunjungan ke panti asuhan, lomba Foto dan vlog antar sangga hingga kelas inspirasi dengan tema Cinta Alam dan Lingkungan yang diisi oleh I.B Mandhara Brasika founder Griya Luhu.

“Selama sebulan penuh, adik – adik pramuka diberikan kesempatan membuat berbagai aktivitas sebagai bagian menghayati dan aktualisasi nilai-nilai yang diwariskan Lord Robert Baden Powell, termasuk kelas inspirasi mengenai Cinta Alam dan Lingkungan yang dilaksanakan setelah Upacara dan diisi oleh Kak Nara, founder Griya Luhu” Imbuh Ketua Gudep I Nyoman Krisnayana

Pada Upacara tadi juga diserahkan hadiah – hadiah lomba yang dilaksanakan oleh Sangga Pencoba yang dikordinir oleh Yus Aditya dan Gung Indera. Ditengah upacara yang berlangsung, juga dilaksanakan doa dan hening sejenak dengan tujuan mendoakan para korban musibah yang meninma siswa – siswa SMP N 1 Turi Sleman Yogyakarta

“Mewakili seluruh anggota Pramuka SMA N 1 Blahbatuh, kami ucapkan Selamat Memperingati Hari Bapak Pandu Sedunia – Robert Baden Powell ke 163, marilah kita peringati Hari Baden-Powell ini dengan semangat untuk terus menjadikan dunia yang lebih baik, dan tetap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945” tutupnya

Baden-Powell atau nama lengkapnya Robert Stephenson Smyth Baden-Powell yang kemudian bergelar Lord dikenal sebagai Bapak Pramuka Sedunia. Dilahirkan pada 22 Februari 1857, tanggal dan bulan kelahirannya kemudian ditetapkan sebagai Hari Bapak Pramuka Sedunia atau Bapak Pandu Sedunia. (hd)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.