Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pramuka Buleleng Fokuskan Penguatan Di Kwartir Ranting dan Saka Pramuka

Metro Bali
single-image

 

Buleleng, (Metrobali.com)-

Program strategis gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng dalam upaya pembinaan kepramukaan di Buleleng, dilakukan dengan penguatan Kwartir Ranting (Kwaran) dan Satuan Karya (Saka) Pramuka. Demikian diungkapkan Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP usai pelaksanaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng Tahun 2019 pada Rabu (10/7) di Gedung Pramuka Kumarasthana Singaraja.
Lebih lanjut dikatakan penguatan program kepramukaan pada tingkat Kwartir Ranting dan Satuan Karya Pramuka merupakan hal yang khusus didalam program kerja Tahun 2019 – 2020.”Dari ranting ke gugus depan dan kesakaan merupakan ujung tombak pembinaan pramuka, dalam upaya pembentukan karakter generasi muda” jelas Puspaka.
Iapun mengingatkan bagaimana kedepannya nanti, pramuka ini bisa melakukan langkah-langkah penguatan terhadap ranting maupun penguatan terhadap saka pramuka.”Ranting dan Saka Pramuka ujung tombak kita yang harus dibangun dengan strategi yang kongkrit berdasarkan azas kepramukaan,” ucap tegas Puspaka
Menurutnya membangun karakter melalui gerakan Pramuka harus nyata dilakukan. Sehingga dalam Rakercab diharapkan memberikan hasil secara kongkrit dengan program yang melibatkan seluruh fungsi dan tugas kepramukaan di masing-masing ranting atau kecamatan. Jangan sampai nanti membangun karakter melalui Gerakan Pramuka hanya slogan dan hanya pidato-pidato saja.” ucap Kakwarcab yang juga Sekda Buleleng ini.”Kita ingin di Rakercab juga dibangun dan dibahas terkait dengan hal ini, termasuk nantinya kita akan duduk bareng dengan Majelis Pembimbing Ranting dan Ranting. Karena ini penguatan ranting, tentunya kita harus kongkrit berkomunikasi dengan semua ranting melalui agenda khusus tentunya,” urainya.

Selain memfokuskan kegiatan kepramukaan di masing-masing Kwaran dan Saka, beberapa rancangan program pembinaan pramuka juga dihasilkan dalam pelaksanaan rakercab yang dilakukan pembahasan secara detail.
“Bagaimana kita lebih detail lagi terhadap perencanaan yang sudah disusun bersama dengan baik dan terprogram berdasarkan pengalaman kita” jelasnya lagi
Diungkapkan gerakan Pramuka aktivitasnya sudah diaudit oleh akuntan publik yang independen. Dan tentunya semua bisa dicerminkan di dalam program Tahun 2019, yang harus dimatangkan pelaksanaanya. “Karena itu kita tidak ingin ada ganjalan didalam pelaksanaan program strategis gerakan pramuka tersebut,” tandas Puspaka.

Baca Juga :
Pemkot Denpasar Terapkan Rahina Mebasa Bali Tiap Rabu,  Purnama dan Tilem

Perlu diketahui disini, bahwa Rakercab Tahun 2019 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng sebagai wahana evaluasi kegiatan Tahun 2018 dan menyusun rencana kerja (Renja) Tahun 2019 – 2020 dengan melibatkan pengurus, andalan cabang, dewan kerja cabang (DKC) serta utusan dari kwartir ranting dengan mengusung tema, “Melalui Rakercab Kita Wujudkan Gerakan Pramuka Sebagai Wadah Utama Pembentukan Kader Pemimpin Bangsa”. GS

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.