Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

PMI Bali Siapkan 638 Kantong Darah Saat Nyepi

Metro Bali
single-image

kantong darah

Denpasar (Metrobali.com)-

Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Bali menyiapkan sebanyak 638 kantong darah untuk semua jenis golongan selama empat hari ke depan hingga Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1937.

“Total keseluruhan stok darah itu disiapkan selama empat hari ke depan untuk memenuhi kebutuhan pasien yang ada di RSUP Sanglah,” kata Direktur UDD PMI Bali, dr AA Sagung Mas Dwipayani, M.Kes, di Denpasar, Kamis (19/3).

Untuk stok darah saat ini hingga empat hari ke depan, jelas dia, jenis “packed red cell” (PRC) golongan darah A sebanyak 90 kantong, golongan darah B (135), golongan darah B (187) dan golongan darah AB (23).

Sedangkan komponen trombosit untuk jenis golongan darah A dipersiapkan sebanyak 14 kantong, golongan darah B (40), golongan darah O (56), golongan darah AB (10).

“Kami menjamin ketersediaan darah di UDD PMI tetap ada sesuai dengan estimasi kebutuhan pasien,” ujar Sagung.

Oleh sebab itu, sebelum Hari Raya Nyepi UDD PMI Bali mencari 116 orang pendonor sukarela per harinya untuk dijadikan kompinen darah tersebut.

Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan stok darah menjelang Hari Raya Nyepi sehingga pihaknya terus bergerak bersama anggota UDD PMI Bali mencari pendonor sukarela dengan menggunakan “mobile unit” yang setiap harinya turun ke Instansi Pemerintahan, sekolah dan pelayanan publik.

“Kegiatan pencarian pendonor darah sukarela tersebut sudah dilakukan selama tiga minggu terakhir karena dalam penghitungan komponen stok darah sebelumnya selalu ada salah satu golongan darah yang berlebih,” ujarnya.

Ia mengakui salah satu golongan darah terbanyak saat ini yakni untuk jenis golongan dara O yang paling besar populasinya sehingga pihaknya berupaya membatasi untuk jenis itu.

Baca Juga :
Sendratari kolosal Nusantara Bangkit ingatkan kemajemukan Indonesia

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang membutuhkan darah di UDD PMI Bali yang berlokasi tidak jauh dari RSUP Sanglah agar tidak perlu khawatir akan ketersediaan darah tersebut. AN-MB 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.