PM Tiongkok Tiba di Thailand Untuk Pertemuan GMS

Metro Bali
single-image

Li Keqiang

Bangkok (Metrobali.com)-

Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang tiba di Bangkok Jumat (19/12) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja sama Ekonomi Greater Mekong Subregion (GMS) ke-lima.

Ini akan menjadi pertama kalinya bagi Li untuk menghadiri pertemuan puncak itu.

Para pimpinan kawasan dalam pertemuan itu diperkirakan akan membahas pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di wilayah tersebut dan bekerja untuk memperdalam kemitraan.

Li mengatakan setelah kedatangan, bahwa Kerja sama Ekonomi GMS telah membuat prestasi besar dalam mempromosikan kerja sama subregional dan integrasi ekonomi regional sejak awal.

Wen mengatakan dia berharap untuk melakukan pertukaran pandangan yang luas dengan semua pihak untuk memperdalam perdagangan regional dan kerja sama ekonomi, meningkatkan interkonektivitas dan berinovasi kerja sama industri.

Ia juga mengharapkan untuk bersama-sama memajukan pembangunan pola ekonomi yang terbuka, inklusif dan kooperatif, menempa saling menguntungkan dan kemitraan subregional ‘menang-menang’, serta membuat upaya bersama untuk menjaga perdamaian, stabilitas dan kemakmuran.

Selama berada di Bangkok, Li dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha dan kedua belah pihak akan menandatangani dokumen kerja sama bilateral.

Program Kerja sama Ekonomi GMS, yang dimulai pada tahun 1992 oleh enam negara di sepanjang Sungai Mekong – Kamboja, Tiongkok, Laos, Myanmar, Thailand dan Vietnam, bertujuan untuk menghubungkan negara-negara ini melalui peningkatan infrastruktur, mempromosikan perdagangan dan investasi serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pertemuan puncak yang akan datang akan memberikan dorongan yang kuat untuk kerja sama subregional dengan mengidentifikasi 92 proyek investasi prioritas, dan melewati rencana kerangka investasi 2014-2018, kata Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Chao menjelang perjalanan Li.

Thailand adalah perhentian terakhir lawatan tiga negara Eurasia Li. Sebelum tiba di Bangkok, ia berada di Kazakhstan untuk kunjungan resmi dan menghadiri pertemuan para perdana menteri Organisasi Kerja sama Shanghai (SCO), dan kemudian mengunjungi Serbia serta menghadiri pertemuan para pemimpin Tiongkok dan negara-negara Eropa Tengah dan Timur. AN-MB 

Baca Juga :
GoWork, Ruang Kerja Kelas Dunia Hadir di Park23 Mall Kuta

activate javascript

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.