Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pesta Demokrasi Digelar di Austria dan Slovenia

Metro Bali
single-image

Duta Besar RI untuk Austria Dr Darmansjah Djumala saat melakukan pencoblosan menyampaikan apresiasi kepada anggota PPLN dan anggota KPPSLN yang telah memastikan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Austria dan Slovenia berlangsung jujur, adil, dan transparan. (Foto: ANTARA/ist)

London (Metrobali.com)-

Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Kota Wina, Austria dan sekitarnya menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 yang dilaksanakan pada hari Sabtu (13/4) sesuai dengan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KBRI Wina dalam keterangan pers yang diterima Antara London, Minggu, menyebutkan Pemilu 2019, seperti tahun 2014, digelar di ruang serba guna Gedung KBRI Wina.

Pemungutan suara tersebut dimulai sejak pukul 08.00 pagi dan berakhir pada pukul 18.00 waktu setempat.

Sebelum pemungutan suara dimulai, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) diambil sumpahnya oleh Ketua PPLN Wina serta menerima dan memastikan kelengkapan logistik pemungutan suara, yaitu surat suara, kotak suara, bilik suara, dan tinta sidik jari.

Berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT), jumlah pemilih di Austria dan Slovenia tercatat sebanyak 723 orang. Jumlah tersebut dibagi dua menjadi DPT yang memilih melalui Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) dan DPT yang melalui jalur pos untuk WNI yang berdomisili di luar Kota Wina dan Slovenia.

Sejumlah 363 orang WNI datang ke Gedung KBRI Wina menggunakan hak pilihnya. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari DPT, DPT tambahan luar negeri (DPTbLN) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Selain itu, untuk mengakomodir WNI yang berdomisili jauh dari lokasi KBRI Wina, sejumlah 374 surat suara telah dikirimkan KPPSLN melalui pos sejak tanggal 15 Maret lalu.

Surat suara yang dikirimkan melalui pos akan dikirimkan kembali kepada Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) melalui PO Box yang telah disewa oleh PPLN Wina. PO Box yang berisikan surat suara tersebut akan dibuka pada tanggal 17 April oleh PPLN Wina, KPPSLN Pos dan saksi untuk dilakukan penghitungan.

Baca Juga :
Abrasi Pantai Gilimanuk Meluas

Duta Besar RI untuk Austria Dr Darmansjah Djumala pada saat melakukan pencoblosan menyampaikan apresiasi kepada anggota PPLN dan anggota KPPSLN yang telah memastikan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Austria dan Slovenia berlangsung jujur, adil, dan transparan. Untuk mendukung PPLN dan KPPSLN, KBRI Wina mempersiapkan ruangan untuk penyimpanan logistik dan surat suara yang dilengkapi dengan dua CCTV, sehingga keamanan dan kerahasiaan surat suara terjaga.

Dalam rangka menyemangati para WNI untuk menggunakan hak suaranya, PPLN Wina bekerja sama dengan KBRI Wina mengadakan acara makan-makan bakso secara gratis bagi WNI yang sudah menggunakan hak pilihnya.

Penghitungan surat suara di Wina direncanakan akan digelar bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu 2019 di Indonesia, pada tanggal 17 April mendatang.

Ketua PPLN Wina Victor Siregar mengundang masyarakat Indonesia di Austria dan Slovenia untuk dapat hadir dan menyaksikan secara langsung penghitungan suara tersebut. Bagi mereka yang mengikuti dapat menghubungi Sdr Yudanto Wibowo, Sekretariat PPLN Wina +436767939161, yudanto.wibowo@gmail.com.

Sumber : Antaranews

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.