PERPUSDA LOTIM, BUKA LAYANAN 24 JAM :  150 Ribu Examplar Buku, WIFI Gratis Tanpa Pasword  

Metro Bali
single-image

 

ONE

Lombok Timur (Metrobali.com)-

Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Lombok Timur saat ini hadir  lebih eksis dengan 3 fokus kegiatan yaitu : Koleksi, Arsip dan Dokumentasi. Kehadirannya telah dirasakan mamfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat Lombok Timur hingga ke tingkat pelosok pedesaan. Menggali minat baca masyarakat Lombok Timur, itulah muara aktivitas dan layanan yang hadir hingga 24 jam. Penataan terus dilakukan untuk  memenuhi hajat masyarakat. Sehingga masyarakat Lombok Timur menjadi semakin cerdas, pintar dan berwawasan luas.  Pembinaan pun dilakukan terhadap Perpustakaan Desa dan salah antaranya tahun 2016 ini berhasil meraih juara I Lomba Perpuatakaan Tingkat Nasional yaitu Perpustakaan Desa Sakra.

Demikian simpul benang merah disampaikan Drs. Haji Muh.Juhad, M.Ap., Kepala Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Lombok Timur, Senin 26/9/16 lalu. Saat ini, kata dia, Perpustakaan Daerah Lombok Timur memiliki koleksi berupa : buku, Koran, majalah, tabloid dan bulletin. Beberapa terbitan antaranya adalah : NTB Post, Duta Selaparang, Mandalika Post, Hati Nurani Rakyat dan  Corong Rakyat. Majalah di antaranya ada Feminim, Wanita, Kartini dan Suara Parlemen (terbitan DPR RI). “Banyak ya, termasuk terbitan dari Lembaga Perguruan Tinggi seperti halnya Universitas Mataram (Unram),” ujarnya.

Haji Muh.Juhad menjelaskan, saat ini Perpustakaan Daerah Lombok Timur memiliki puluhan ribu judul dan ratusan ribu examplar buku yang siap untuk dibaca masyarakat. Demikian halnya terkait dengan Arsip, ada sejumlah puluhan ribu arsip dari berbagai Kantor, Dinas, Badan, Kecamatan hingga Desa se Lombok Timur. Semuanya ditata afik dengan system komputerisasi yang bisa diakses dalam jangka waktu  5 (lima) menit.

“Kita mempunyai  25.000 judul dengan 150.000 examplar buku,” ungkap Muh.Juhad. Pelayanan di ruang koleksi, kata dia, dari pukul 07.00 wita hingga 17.00 wita. Menurutnya, pengunjung  mulai dari TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan masyarakat umum dengan berbagai kepentingan dan profesi. Tidak sebatas layanan di Perpustakaan Daerah sendiri saja, melainkan layanan dan pembinaan juga dilakukan ke tingkat bawah terhadap perpustakaan desa. “Layanan dan pembinaan terus kita lakukan terhadap Perpustakaan Desa dan Alhamdulillah tahun 2016 ini salah satu binaan kita berhasil sebagai juara I Lomba Perpustakaan Desa tingkat Nasional yaitu Perpustakaan Desa Sakra,” imbuhnya.

Baca Juga :
Pembuang Sampah Sembarangan Diganjar Tipiring, Dijatuhkan Denda Rp. 200 Ribu

Lebih jauh Muh.Juhad, bahkan untuk layanan internetan system WIFI selama 24 jam. “Pengunjung dapat mengakses informasi yang dibutuhkan secara gratis, langsung terbuka tanpa password. Bagi yang sangat membutuhkan pengunjung dapat menginap dalam lingkungan Perpustakaan Daerah di beberapa berugak (tempat layanan internet gratis tanpa password) yang telah disiapkan dengan penjagaan Satpam. Begitu tanda waktu menunjukkan pukul 22.00 wita pintu gerbang ditutup,” jelas mantan Sekdis Dikpora Kabupaten Lombok Timur ini.

Terkait dengan arsip, saat ini pihak Perpustakaan Daerah Lotim sedang menyelesaikannya dengan system komputerisasi. “Insya Allah rampung kita selesaikan bulan Desember 2016 ini,” cetus M.Juhad. Nantinya, bagi masyarakat yang butuh informasi terkait dengan data yang terekam dalam computer bisa mengaksesnya. “Begitu klik computer, maka dalam jangka 5 menit data arsip bisa didapatkan,” tandasnya.

Demikian pula halnya dengan dokumentasi hasil pembangunan dari masa ke masa, dari periode ke periode masa pemerintahan para Bupati Lombok Timur mulai era puluhan tahun yang silam. “Hasil pembangunan dari masa Pak Sadir hingga Pak Haji Much. Ali Bin Dachlan saat ini semuanya telah direkam. Dalam waktu 5 menit, klick computer masyarakat akan mendapatkannya,” lanjut Muh.Juhad mencontohkan. ABY-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.