Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perkara Hubungan Industri di Denpasar Turun

Metro Bali
single-image

Denpasar (Metrobali.com)-

Perkara perdata hubungan industrial di Kota Denpasar mengalami penurunan yang sangat signifikan dari 11 kasus pada 2012 menjadi hanya enam kasus pada 2013 seiring dengan optimalnya peran Dinas Sosial dan Tenaga Kerja setempat.

“Dibandingkan tahun 2011 juga turun. Saat itu jumlah kasus yang kami tangani 11 kasus,” kata Panitera Muda Pengadilan Hubungan Industrial Denpasar I Nyoman Jaya Kesuma, Jumat (13/12).

Ia menilai Dinsosnaker Kota Denpasar mampu menyelesaikan sengketa antara pekerja dengan perusahaan sehingga tidak sampai dibawa ke pengadilan.

Pada 2006 PHI Denpasar yang saat itu masih berkantor di kawasan Kreneng mencatat rekor tertinggi dengan menyidangkan 40 perkara dalam satu tahun.

“Sekarang kami melihat proses mediasi yang dilakukan Dinsosnaker sangat baik. Hal itu dapat dibuktikan dengan menurunnya perkara yang masuk ke pengadilan,” ujar Jaya Kesuma saat ditemui di kantornya di Jalan Kapten Tantular, Denpasar.

Dari enam kasus yang masuk ke PHI Denpasar selama 2013, separuhnya sudah diputus dan berkekuatan hukum tetap. “Tiga kasus lainnya masih dalam proses persidangan,” ujarnya.

Tahun ini kasus yang ditangani PHI, di antaranya gugatan yang diajukan PT Pegadaian Cabang Denpasar kepada Dodok Sutyono, Hora Idaningsih, dan Paulina A Lewokeda.

Selain itu gugatan yang diajukan I Gede Bisma kepada PT Taman Suci Abadi. Namun dalam proses persidangan, gugatan tersebut dicabut.AN-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Polisi Periksa CCTV Terkait Pencurian Uang KPU

Leave a Comment

Your email address will not be published.