Peringati Hari Bumi, Gubernur Lakukan Penghijauan di Desa Sanggalangit

Metro Bali
single-image

Singaraja (Metrobali.com)-
Gubernur Bali Mangku Pastika menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung usaha penghijauan yang dilakukan pemerintah. Demikian ditegaskan Gubernur pada saat berdialog dengan masyarakat Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, yang sekaligus juga dirangkai dengan kegiatan penghijauan di Desa Sanggalangit Sabtu (28/4/2012).

“Sebagaimanapun usaha pemerintah dalam melaksanakan penghijauan tetapi kalau tidak dibarengi kesadaran dan peran serta dari krama untuk menjaga bibit pohon yang ditanam semuanya akan sia-sia saja. Karena keberhasilan suatu penghijauan  terukur dari seberapa besar prosentase bibit pohon yang berhasil tumbuh,” demikian ungkap Gubernur.
Dalam dialog yang berlangsung di pelataran Pura Beji Taman Sari , Desa Sanggalangit, dengan krama desa setempat , Gubernur meminta kepada Jero bendesa, Prajuru  Adat  agar membuat awig-awig yang sejalan dengan usaha penyelamatan lingkungan yang nantinya bisa  dilaksanakan sepenuhnya oleh krama desa. Sebagai desa yang banyak memiliki lahan kritis peran  air memang betul-betul penting bagi Desa Sanggalangit.
“ Saya ingatkan kepada masyarakat untuk terus menerus menjaga kelestarian hutan agar hutan di sini menjadi lebih hijau , karena hutan memiliki peranan penting dalam menjaga ketersediaan air disini. Rumusnya Jika lahan makin hijau, maka udara semakin sejuk maka dan hujanpun akan datang, “ tambahnya.
Kegiatan  yang ditujukan dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2012 lalu ini dilaksanakan di dua tempat. Pertama dilaksanakan di Menjangan Resort, Taman Nasional Bali Barat dan dilanjutkan di sekitar Pura Beji Taman Sari, Desa Sanggalangit Kec. Gerokgak Kab. Buleleng.
Kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama antara Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali  dengan PT. Karya Tangan Indah (Jhon Hardy Foundation) turut melibatkan masyarakat setempat dengan menanam bibit bambu hitam sebanyak 2.500 pohon, Jabon sebanyak 1.000 pohon dan Gamelia sebanyak 1.000 pohon.
Pada kesempatan itu Gubernur juga berjanji akan menambah  beberapa program Unggulan Pemprov Bali bagi masyarakat di Desa Sanggalangit, seperti bedah rumah, JKBM, SIMANTRI pada anggaran perubahan Tahun 2012. Dan khusus mengenai program  GERBANGSADU MANDARA, Desa Sanggalangit diupayakan segera menerimanya, mengingat jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) di desa tesebut sebanyak 502 KK dari total 1.200 KK (35 % lebih). Menurut Gubernur pihaknya akan segera  berkoordinasi dengan Kepala Desa dan pihak terkait agar program ini segera bisa ditindaklanjuti. Dalam pengarahnnya Gubernur  kembali menegaskan komitmennya untuk lebih  berkonsentrasi pada pengentasan kemiskinan, peningkatan mutu pendidikan, kesehatan dan  pertanian , setelah itu barulah program-program
lainnya. Gubernur juga menyampaikan apresiasinya kepada PT. Karya Tangan Indah (Jhon Hardy foundation) atas partisipasinya yang ikut menyelamatkan alam Bali.
Acara diakhiri dengan Gubernur Bali bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika melakukan penanaman bibit bersama didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Bali, I Made Jendra, SH beserta para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali dan masyarakat Desa Sanggalangit. GAB-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Pastika Ajak Masyarakat Bersihkan Sampah Sekala dan Niskala

Leave a Comment

Your email address will not be published.