Percepat Layanan, Pemkab Jembrana Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik

Metro Bali
single-image

 

Jembrana,  (Metrobali.com)

Pemerintah Kabupaten Jembrana mulai menerapkan penggunaan tanda tangan elektronik ( TTE). Hal ini untuk meningkatkan efisiensi, kecepatan layanan serta keamanan data. Penggunaan TTE itu sesuai UU Republik Indonesia Nomor 11 Tentang ITE dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Dijelaskan , Kepala Dinas Kominfo Jembrana I Made Gede Budhiarta, tanda tangan digital ini berfungsi sebagai alat autentifikasi dan verifikasi dalam transaksi elektronik. Tanda tangan digital juga memberikan kekuatan hukum seperti halnya dengan tanda tangan basah. Dalam penerapannya, Pemkab Jembrana juga sudah melaksanakan perjanjian kerjasama dengan Balai Sertifikasi Elektronik , Badan Siber dan Sandi Negara .

“ Manfaatnya tentu untuk mengurangi penggunaan kertas , hemat waktu dan biaya serta mempermudah pengurusan ijin bagi masyarakat. Terlebih dimasa pandemi sekarang . Aktivitas kontak bisa diminimalisir, karena bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun , “ kata Budiartha  usai serah terima sistem dengan Kepala Dinas Perijinan Penanaman Modal Pelayanan  Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Jembrana  I Komang Suparta di Executive Room  Pemkab Jembrana , Kamis ( 24/9)

Untuk tahap awal  , sistem elektronik ini baru dioperasikan dilingkup  Dinas Perijinan Penanaman Modal Pelayanan  Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja. Semua jenis perijinan sudah bisa dilayani dengan penggunaan tanda tangan elektronik ini .

Kedepan akan diterapkan di OPD lainnya terutama untuk mempermudah penandatanganan  dokumen resmi oleh pimpinan OPD , sehingga kecepatan pelayanan bisa ditingkatkan. (Humas  Pemkab Jembrana)

Bagikan :
Baca Juga :
Kongres IV PDIP Dikemas Nuansa Kerakyatan

Leave a Comment

Your email address will not be published.