Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Penduduk Bali 690 Jiwa Perkilometer Persegi

Metro Bali
single-image

Denpasar (Metrobali.com)-

Kepadatan penduduk Bali mencapai 690 jiwa per kilometer persegi akibat laju pertumbuhan penduduk (LPP) sebesar 2,15 persen sesuai sensus penduduk 2010.

Dengan demikian terjadi peningkatan penduduk sebesar 23,6 persen dengan jumlah penduduk yang kini mencapai 3,89 juta jiwa, kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi BaliI Wayan Sundra di Denpasar, Jumat (14/6)

Ia sebelumnya menggelar rapat koordinasi kemitraan antara Perwakilan BKKBN Provinsi Bali dengan Polri dan tim penggerak PKK setempat.

Menurut dia, Bali yang luas wilayahnya hanya 5.636,66 kilometer persegi dengan penduduk yang mencapai 3,89 juta jiwa tergolong cukup padat.

Oleh sebab itu dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk dan mengatur angka kelahiran perlu dukungan dari semua pihak dalam menyukseskan prigram keluarga berencana (KB).

Polri dan TP KK yang mempunyai jangkauan sangat luas hingga ke pelosok dan daerah terpencildan maupun tertinggal yang pada umumnya sulit mendapatkan akses informasi dan pelayanan dapat ikut ambil bagian dalam menyukseskan program KB.

Sundra memberikan apresiasi atas terjalinnya kerja sama dengan jajaran Polri dan TP-PKK dalam menyukseskan KKB.

Semua itu diharapkan bermuara pada menurunkan angka kelahiran maupun mengurangi rata-rata kepemilikan anak dalam keluarga (TFR) dari selama ini rata-rata 2,3 anak menjadi 2,1 anak pada tahun 2014.

AKBP dr I Nyoman Sudarmayoga dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bali mendukung program KKB dan menjadikan Babinkamtibmas yang ada di seluruh desa sebagai ujung tombak untuk pelayanan KB.

“Harapan kita adalah jajaran di bawah langsung menyentuh masyarakat, khususnya pasangan usia subur (PUS). Dengan kegiatan dari rumah ke rumah mampu memberikan motivasi untuk menyukseskan program KB.

Sementara Ketua TP-PKK Provinsi Bali yang diwakili Ketua Pokja IV,I Wayan Ginantra menyambut positif kegiatan koordinasi kemitraan dalam menyukseskan program KKB.

Baca Juga :
Diduga Judi Online, Polisi Gerebek, Eh Malah Tak Berizin

TP PKK langsung menyambut dengan rencana aksi yakni memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat untuk menunjang tercapainya sasaran peserta KB baru maupun KB aktif. INT-MB

Bagikan :
4 Comments
  1. Avatar
    gebuh 6 years ago
    Reply

    seharusnya pertumbuhan penduduk itu akibat pendatang dari luar bali,sekarang nama ketut sdh hpir punah,nyoman pun sudah sedikit. tp pendatang panakne care bebek jek mekalukan

  2. Avatar
    SANGUT 6 years ago
    Reply

    Ne be sing beneh, sehrusne pendatang yg dikurangi k bali,
    Otsus bali hrus segera diperjuangkan agar bali tetap ajeg

  3. Avatar
    ngah lacur 6 years ago
    Reply

    kene bhe dadine,, jeg besssss kliwat bebas di balii,, saring bedikk pendatang ngba panak liu” cara bangkung

    • Avatar
      SANGUT 6 years ago
      Reply

      nak sing dadi kb buka ajaran agamane,,
      Panakne pang care bias dipasih,,tapi nyusahin pisage..
      Ne be ajaran tusing beneh,,,

Leave a Comment

Your email address will not be published.