Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pemprov Serahkan 113 Unit Motor Bagi Desa Pekraman Di Klungkung

Metro Bali
single-image

Rilis Penyerahan Hibah Motor Di Klungkung

Klungkung (Metrobali.com)-

 Setelah sebelumnya di Kota Denpasar dan Kabupaten Jembrana ,  kini giliran Desa Pekraman se Kabupaten Klungkung yang menerima bantuan hibah motor dari Pemerintah Provinsi Bali. Sebanyak 113 unit motor diserahkan secara resmi oleh Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta, mewakili Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Gedung KNPI Klungkung, Selasa (19/8). “Pemberian hibah ini bertujuan untuk melancarkan kegiatan operasional para bendesa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat disamping itu kepala desa juga bisa dengan mudah menjangkau akses-akses tempat kegiatan mereka, dan saya harap hibah sepeda motor ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik,” ujar Sudikerta.

DSC_2477

Kepala Biro Aset Setda Provinsi Bali, I Ketut Adiarsa dalam laporannya menyatakan bahwa untuk Tahun 2014 ini Pemprov Bali akan menyerahkan 1480 unit sepeda motor kepada seluruh desa pakraman di seluruh Bali, dimana akan diserahkan secara bergilir untuk sembilan Kabupaten/Kota  dari tanggal 15-29 Agustus 2014, dengan anggaran per unit sebesar Rp. 15.474.000 sehingga total anggaran untuk 1480 unit sepeda motor menjadi Rp. 23.680.000.000. Lebih jauh Adiasa menyampaikan untuk penyerahan hibah kepada desa pakraman se Kabupaten Klungkung sebanyak 113 unit, total anggaran yaitu Rp. 1.748.562.000. Ia menyampaikan bahwa penyerahan hibah motor ini merupakan permohonan desa pakraman untuk melancarkan tugas-tugas desa pekraman serta rekomendasi dari Majelis Madya Provinsi Bali (MMDP) sekaligus juga merupakan bentuk perhatian serta komitmen Provinsi Bali untuk melestarikan lembaga adat, agama dan budaya menuju Bali Mandara. Ia juga menyampaikan bahwa nantinya sepeda motor ini akan menjadi aset dari desa pakraman tersebut sehingga ia berharap desa pakraman bisa memanfaatkan sepeda motor dengan baik sesuai kebutuhannya.

Terkait sepeda motor yang nantinya akan menjadi aset desa pakraman tersebut, Sudikerta menghimbau hendaknya kepala desa untuk segera membalik nama kepemilikan sepeda motor tersebut sehingga nantinya tidak lagi menjadi milik Pemprov Bali namun menjadi milik desa pakraman. Selain itu ia juga menambahkan bahwa kepemilikan sepeda motor ini adalah merupakan hak guna pakai selama kepemimpinan kepala desa tersebut selanjutnya jika nanti sudah habis masa kepemimpinannya akan diberikan kepada kepala desa yang bertugas berikutnya. Tentang dana yang digunakan untuk perawatan sepeda motor, Sudikerta menyatakan bahwa dana tersebut akan diambil dari dana APBD yang diberikan oleh Pemprov Bali yang mulai tahun 2015 akan ditingkatkan menjadi Rp. 200 juta yang sebelumnya sebesar Rp. 100 juta.

Dalam kesempatan tersebut, juga diadakan penandatangan Berita Acara Serah Terima (BAST) yang disaksikan oleh Bupati I Nyoman Suwirta, MUDP Jero Gede Suwena, Karo Kesra, Karo Aset dan Inspektur Provinsi Bali serta penyerahan sepeda motor secara simbolis kepada empat Perwakilan Kepala Desa Pakraman dari Kec. Semarapura, Kec. Sampalan, Kec. Nusa Penida dan Kec. Banjarangkan.  AD-MB 

Bagikan :
Baca Juga :
Polda Imbau Personel Waspadai penembakan

Leave a Comment

Your email address will not be published.