Pemprov Bali Optimalkan Pembekalan Transmigran

Metro Bali
single-image
Denpasar (Metrobali.com)-
Pemerintah Provinsi Bali berupaya mengoptimalkan pembekalan mental bagi para calon transmigran sebelum berangkat ke daerah tujuan.

“Pembekalan itu bertujuan untuk lebih mempersiapkan mental para transmigran yang akan menghadapi situasi dan kondisi di daerah tujuan transmigrasi yang baru,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bali Gusti Agung Sudarsana di Denpasar, Selasa.

Menurut dia, situasi dan kondisi di daerah tujuan transmigrasi itu sangat berbeda dibandingkan di Bali sehingga perlu mematangkan mental para transmigran agar tidak menimbulkan permasalahan ketika sampai di daerah tujuan.

Namun yang menjadi permasalahan saat ini para transmigran itu sebagian besar berumur di atas 40 tahun yang mentalnya sulit diarahkan dalam waktu singkat.

“Jangankan orang yang sudah berumur, calon transmigran yang masih muda pun sulit mengubah pola pikirnya yang sudah telanjur tertutup,” katanya.

Namun dirinya tidak akan putus asa dan terus mengupayakan berbagai langkah untuk bisa memberikan pemahaman sehingga para transmigran itu bisa menghadapi lingkungan yang baru tanpa menimbulkan permasalahan di daerah tujuan.

Selain itu, para transmigran juga diharapkan memiliki rasa saling peduli terhadap sesama dan saling membantu, baik dari segi sosial maupun kemanusiaan.

Sementara itu, terkait dengan perselisihan yang pernah terjadi di beberapa daerah tujuan, transmigrasi diharapkan bisa saling mengintropeksi diri sendiri, jangan sampai saling mencari kesalahan, dan balas dendam.

“Balas dendam tidak akan menyelesaikan masalah. Lebih baik fokus pada tujuan untuk kesejahteraan keluarga masing-masing,” kata Sudarsana.

Selain pembekalan dari segi mental, Pemrov Bali juga memberikan buku panduan mengenai tata cara beribadah dan pelestarian adat dan budaya disesuaikan dengan kondisi dan situasi di daerah tujuan transmigrasi. INT-MB

Baca Juga :
Presiden Jokowi "blusukan" saksikan pembagian sembako di Rawa Bebek

Bagikan :
2 Comments
  1. Avatar
    Dharmawangsa 7 years ago
    Reply

    Ini maksudnya agar orang Bali bertransmigrasi? Apa tidak salah. Orang Bali adalah yang paling beruntung dari sisi pertanahan tempat tinggal karena adat mengatur semua orang bali pasti mempunyai tanah baik untuk tempat tinggal sawah maupun tegalan dengan catatan belum terjual. Mestinya pendatang yang akan memenuhi Bali arahkan untuk tidak ke Bali bukan orang Bali diarahkan keluar. Makanya stop jual warisan.

    • Avatar
      Cenk blonk 7 years ago
      Reply

      Betul stop transmigration asal Bali, nanti setelah maju di tempat transmigration kalian di bantai, pura di bakar, mendingan di Bali Kerja serabutan, makan enggak makan asal kumpul, pendatang liar yg enggak punya tujuan pasti di perketat ke Bali , bagsimana ini pamprop Bali, impoten setop pen datang liar ke Bali bikinin perda, baru Bali ajeg

Leave a Comment

Your email address will not be published.