Pemkot Bitung Belajar Reformasi Birokrasi di Denpasar

Metro Bali
single-image
pemkot bitung 1
Denpasar (Metrobali.com)-
Keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar dalam menerapkan refomasi birokrasi serta Denpasar dijadikan salah satu penelitian oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam bidang pendekatan kearifan lokal terhadap peningkatan optimalisasi pelayanan birokrasi, membuat Pemkot Bitung Provinsi Sulawesi Utara, mengadakan studi banding ke Denpasar yang diterima langsung oleh Sekda Kota Denpasar A.A. Ngurah Rai Iswara, Selasa (2/9) di ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar. Rombongan Pemkot Bitung dipimpin Sekda Edison Humiang beserta rombongan peserta Diklat Pim IV angkatan ke-3 Pemkot Bitung.
Sekda Bitung Edison Humiang dalam kesempatan tersebut mengatakan, untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di lingkungan Pemkot Bitung, pihaknya beserta rombongan peserta Diklat Pim IV angkatan ke-3 Pemkot Bitung mengadakan study banding ke Pemkot Denpasar. Dalam study banding ini menurut Edison, ada dua Dinas serta satu Kecamatan yang menjadi titik fokus utamanya, yakni  Dinas Kominfo Kota Denpasar, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial serta Kecamatan Denpasar Utara. Ini merupakaan salah satu langkah strategis untuk bisa meningkatkan serta mendukung  kinerja para pegawai di lingkungan Pemkot Bitung. Selain itu, ini merupakan salah satu syarat untuk bisa melakukan observasi langsung ke lapangan dimana ada tiga titik fokus utama yang sudah ditentukan sebelumnya. “Tentunya dalam hal ini Pemkot Denpasar bisa membantu kami dalam hal observasi langsung di lapangan yang akan dilakukan langsung oleh peserta Diklat Pim IV ini, “ kata Edison. Edison juga memuji tentang kebersihan dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas di Kota Denpasar.
Sementara Sekda A.A. Ngurah Rai Iswara yang didampingi Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Kota Denpasar Ketut Mister, dalam kesemptan tersebut menyambut baik upaya yang dilaksanakan oleh Pemkot Bitung yakni dengan mengadakan study banding ke Pemkot Denpasar. Menurutnya  kedatangan rombongan Pemkot Bitung ini dapat memberikan suatu warna untuk Kota Denpasar dalam rangka membangun Kota Denpasar kedepannya, karena secara langsung peserta Diklat ini nantinya dapat memberikan masukan-masukan setelah melaksanakan observasi langsung dilapangan dengan tiga Instansi yang di miliki Pemkot Denpasar. Seperti halnya dengan Pemkot Bitung, Pemkot Denpasar juga memiliki visi yakni Denpasar Kreatif Berwawasan Budaya Dalam Keseimbangan Menuju Keharmonisan. “Denpasar tidaklah memiliki lahan yang luas, industri yang besar, akan tetapi dibawah kepemimpinan Walikota Denpasar I.B. Rai Dharmawijaya Mantra serta Wakil I.G.N. Jaya Negara, lebih berorientasi kepada budaya yang dimiliki, dan budaya inilah yang ditumbuhkembangkan sehingga menjadi hakekat dari visi itu sendiri,” kata Rai Iswara. Dalam kesempatan tersebut, Rai Iswara juga mengatakan bahwa dari penilaian Ombudsman RI perwakilan Bali, Denpasar telah  meraih rangking terbaik dalam jajaran untuk memenuhi Undang-undang Nomor 25 tentang pelayanan publik seluruh Indonesia.  SIA-MB
Bagikan :
Baca Juga :
Nan Jombang Dance Company Akan Bawa SangHawa ke Swedia

Leave a Comment

Your email address will not be published.