Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pemkab Jembrana Gelar Upacara Pemahayu Jagat Di Gelung Kori Gilimanuk

Metro Bali
single-image

 

Jembrana (Metrobali.com)

Berbagai cara diupayakan Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 guna menekan penyebaran virus Covid-19. Selain menerapkan protokol kesehatan Covid-19, juga dilakukan cara niskala melalui upacara maupun ritual.

Pada Wraspati Kliwon, wuku Kelawu, Kamis (18/6) Pemkab Jembrana menggelar upacara Pemahayu Jagat Laba Tulus Bhuana Kertih yang dipusatkan di Catus Pata Gelung Kori di Kelurahan Gilimanuk Kecamatan Melaya,

Prosesi upacara yang dihadiri Bupati Jembrana I Putu Artha, anggota DPRD Propinsi Bali, I Ketut Sugiasa , anggota DPRD Kabupaten Jembrana, Sekda I Made Sudiada, para Asisten dan para pimpinan OPD, juga disaksikan utusan masing-masing umat beragama di Kabupaten Jembrana.

Upacara dengan tingkatan upakara bebangkit itu, dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Kemenuh dari Grya Batuagung, Ida Sri Begawan Dalem Darma Yoga, Ida Pedanda Mpu Rastra Guna Wibawa Grya Kesuma- Kaliakah Kangin, Ida Rsi Bujangga Hari Anom Palguna dari Grya Batur Tegal Cangkring serta Ida Sri Mpu Pande Galuh Santika Maitri dari Grya Taman Tigaron desa Mendoyo Dauh Tukad.

Bupati Jembrana I Putu Artha mengatakan, sampai saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Bahkan penularan virus melalui transmisi lokal kembali terjadi .kondisi ini juga menimpa dikabuoaten di Bali lainnya.
” Saya minta semua warga masyarakat agar tetap waspada dengan mematuhi dan taat dengan aturan pemerintah yakni, patuh terhadap protokol kesehatan. Selain itu, warga masyarakat agar selalu hidup bersih dan sehat. Dengan mentaati aturan dan anjuran pemerintah itu kita harapkan mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19 akan segera bisa kita putus,”ujarnya.

Selain masyarakat diingatkan untuk tetap taat dengan protokol kesehatan dan hidup bersih, Bupati Artha juga mengingatkan semua umat dan warga masyarakat untuk selalu ‘Ngrestiti”(berdoa) kehadapan Tuhan Yang Maha Esa agar Covid-19 segera sirna di muka bumi. “kami yakin semua umat telah melaksanakan tata upacara sesuai agamanya masing-masing agar wabah Covid-19 segera berakhir. Saat ini, pemerintah Kabupaten Jembrana bersama DPRD berupaya untuk melakukan upacara pemahayu Jagat Laba Tulus Bhuana Kertih dan sebelumnya juga telah dilakukan upacara pemahayu Jagat Laba Tulus Wana Kertih Lan Segara Kertih,”tegas Bupati Artha.

Baca Juga :
Umat Hindu laksanakan Tapa Brata Penyepian

Dengan telah dilaksanakan prosesi upakara upacara, Bupati Artha berharap, kehidupan masyarakat Bali akan stabil dan wabah Covid-19 segera berakhir.
”mari kita tidak henti-hentinya untuk menghaturkan doa, memohon kehadapanNya agar warga masyarakat Bali segera kembali normal dan Covid-19 segeraberakhir, “pungkasnya. (Humas Pemkab Jembrana)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.