Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pemerintah Norwegia Mengundurkan Diri

Bagus
single-image

Oslo (Metrobali.com) –

Raja Harald V pada Senin secara resmi menerima pengunduran diri pemerintah Norwegia yang dipimpin Perdana Menteri Jens Stoltenberg.

Pemerintah koalisi yang terdiri dari Partai Buruh dan dua partai lain beraliran kiri-tengah sebelumnya telah kehilangan status mayoritas pada pemilu parlemen September lalu. Mereka akan menjabat sebagai pemerintah sementara hingga pemerintahan baru terbentuk.

Raja Harald V diperkirakan segera menghubungi pemimpin Partai Konservatif, Erna Solberg, guna memintanya membentuk sebuah pemerintah baru.

Partai Konservatif beserta tiga partai lain beraliran tengah-kanan memenangkan 96 kursi dari 169 kursi di parlemen Norwegia.

Partai Konservatif juga sebelumnya telah sepakat membentuk pemerintah koalisi bersama Partai Progresif dengan janji dukungan dari Partai Sosial Demokratik dan Partai Liberal.

Setelah menjabat perdana menteri selama delapan tahun, Stoltenberg pada Senin mengatakan dirinya akan menyetir mobil sendiri bersama istrinya dan menikmati jalanan tanpa pengawalan protokoler layaknya pejabat.

Stoltenberg yang sempat membuat heboh dengan menyamar sebagai supir taksi bulan Juni lalu guna mendekati para pemberi suara dan mendengar pendapat masyarakat ternyata gagal meraih dukungan penuh bagi pemerintahannya pada Pemilu Parlemen Norwegia yang berlangsung pada 9 September.

Pihak Koalisi Kiri-Tengah yang dipimpin oleh Stoltenberg sebelumnya dipandang telah terlalu lama berkuasa serta mendapat kritikan seiring kurangnya persiapan dalam menghadapi peristiwa pemboman dan penembakan yang dilakukan Anders Breivik tahun 2011 lalu. (Ant/Xinhua-OANA)

 

Bagikan :
Baca Juga :
Jokowi-JK Menang di TPS Ahmad Dhani

Leave a Comment

Your email address will not be published.