Pembentukan Pengurus Manca Agung Di Badung Ikuti Prokes

Metro Bali
single-image

 

Mangupura, (Metrobali.com)

Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung kembali bergerak melaksanakan konsolidasi dengan membentuk kepengurusan di Kabupaten Badung, Sabtu 16 Januari 2021.
Pembentukan pengurus di tingkat kabupaten sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan anggaran dasar/anggaran rumah tangga Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung. Pembentukan pengurus Manca Agung di Kabupaten Badung adalah yang ketiga setelah Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Klungkung.

Pembentukan pengurus Manca Agung di Kabupaten Badung dilaksanakan di Pura Penataran Dalem Tegal Besung, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, yang dihadiri oleh perwakilan semeton Manca Agung dari 21 desa di 6 kecamatan se-Kabupaten Badung. Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, para peserta mengawali dengan persembahyangan bersama di Bale Murdha Pura Penataran Dalem Tegal Besung dan dilanjutkan dengan sosialisasi kesejarahan Manca Agung di Jaba tengah Pura Penataran Dalem Tegal Besung.

Prof. Dewa Oka selaku Pengageng Ageng Manca Agung Provinsi Bali menekankan bahwa menjadi pengurus Manca Agung adalah sebuah tugas sosial, serta sebagai salah satu wujud bhakti kehadapan leluhur dengan melayani pasemetonan. Lebih lanjut Prof. Dewa Oka menyatakan bahwa kepengurusan Manca Agung di tingkat Kabupaten berfungsi untuk mempercepat pendataan di bidang Parhyangan (Kawitan, Merajan Agung), di bidang Pawongan (jumlah anggota pasemetonan), di bidang Palemahan (Kedhatuan, Griya, Puri, Jero), serta mendata tinggalan purana, prasasti yang tersebar di pasemetonan Manca Agung. Melalui musyawarah mufakat akhirnya disepakati I Dewa Gede Mayun yang juga tokoh Puri Satrya Dalem Kaleran Kuta sebagai Penglingsir Manca Agung Kabupaten Badung dan I Dewa Putu Gede Suarjaya,SH.,MH sebagai Pengageng Manca Agung Kabupaten Badung disertai dengan Sekretaris , Bendahara serta susunan pengurus di bidang parhyangan, pawongan dan palemahan.

Baca Juga :
Unggahan Kondisi I Made Dwi Rismawan Dari Netizen Gugah Perhatian Gubernur Pastika 

Serangkaian dengan pembentukan pengurus Manca Agung Kabupaten Badung, dilaksanakan juga penanaman pohon sebagai wujud kepedulian Manca Agung terhadap alam dan sekaligus menyambut Pesamuhan Agung III Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri AJi Tegal Besung. Penanaman pohon akan berlanjut ke masing masing pura/merajan agung/kawitan di seluruh Kabupaten Badung.

Editor : Sutiawan

Bagikan :
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Comment

Your email address will not be published.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});