Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pembangunan Terminal Kargo Gilimanuk Tergantung Pusat

Metro Bali
single-image

Negara (Metrobali.com)-

Pembangunan terminal kargo di sekitar Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, tergantung keputusan pemerintah pusat.

“Kami masih menunggu keputusan untuk proposal yang kami ajukan lewat pemerintah provinsi. Soal kapan akan terealisasi, semuanya tergantung pemerintah pusat,” kata Bupati Jembrana, I Putu Artha, di Negara, Minggu (11/8).

Pihaknya sudah melakukan kajian-kajian teknis, termasuk menyusun detail perencanaan terminal kargo tersebut.

“Memang soal lahan masih ada kendala karena aset yang kami miliki sekarang masih kurang luas. Tapi, masalah lahan itu bisa dikoordinasikan dengan Taman Nasional Bali Barat yang juga memiliki lahan di sana,” ujarnya.

Sebelumnya, pembangunan terminal kargo di Gilimanuk ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Dinas Perhubungan Provinsi Bali dan Kapolda Bali Irjen Arif Wachyunadi.

Saat memantau arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Arif mengatakan, terminal kargo di ujung barat Pulau Bali tersebut penting untuk membantu pemeliharaan jalan Denpasar-Gilimanuk yang sering rusak karena dilalui kendaraan barang dengan muatan berat.

“Selain itu, kendaraan dengan muatan yang berat juga rawan mengalami kecelakaan di jalan, yang menghambat lalu lintas,” katanya.

Menurutnya, beban jalan maupun kecelakaan bisa ditekan apabila muatan berat dari Jawa turun di terminal kargo, sementara untuk mengangkutnya ke Denpasar dan sekitarnya digunakan kendaraan yang lebih kecil.

“Kami sudah menyarakan perusahaan ekpedisi untuk memiliki gudang di Gilimanuk, atau bisa juga menyewa,” ujar Arif. AN-MB

 

Bagikan :
Baca Juga :
Lagarde puji Sri Mulyani dalam pemberantasan korupsi

Leave a Comment

Your email address will not be published.