Pelipatan Surat Suara Pilkada Jembrana Ditarget Rampung Lima Hari

metrobali
single-image

Keterangan foto: Selasa (17/11) hari ini surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jembrana 2020 sudah datang/MB

Jembrana, (Metrobali.com) –

Pelipatan dan sortir surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jembrana 2020 akan dimulai Rabu (18/11) besok.

KPU Jembrana menargetkan pelipatan sekaligus penyortiran surat suara akan rampung selama lima hari dengan melibatkan 20 tenaga dari warga sekitar. Pasalnya, Selasa (17/11) hari ini surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jembrana 2020 sudah datang.

“Surat suaranya datang tadi siang sekitar pukul 10.30. Semuanya ada 123 kotak” terang Ketua KPU Jembrana Ketut Gede Tangkas Sudiantara ditemui, Selasa (17/11).

Dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian menurutnya surat suara diantar dengan menggunakan kendaraan bok B-9029-WCC langsung dari percetakan menuju gedung Damuhresto yang disewa KPU Jembrana sebagai tempat untuk menyimpan logistik Pilkada Jembrana.

Dari total 123 kotak itu, sebanyak 122 kotak berisi masing-masing 2.000 lembar surat suara dan 1 kotak berisi 980 surat suara. Jumlah tersebut dijelaskan Tangkas sudah sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) per TPS ditambah 2,5 persen, serta cadangan kemungkinan terjadinya pemilihan suara ulang (PSU) sebanyak 2.000 lembar surat suara.

“Jadi total ada 244.980 lembar surat suara, termasuk tambahan 2,5 persen per DPT TPS dan juga cadangan PSU 2.000 lembar” ungkapnya.

Disebutnya dengan datangnya surat suara itu, hingga kini kesiapan logistik untuk Pilkada Jembrana 2020 sudah mencapai 70 persen. Karena selain surat suara juga sudah datang kelengkapan logistik lainnya seperti spon, tinta dan alat pelindung diri berupa masker, hand sanitizer dan ember untuk cuci tangan.

Ia meyakini sebelum pelaksanaan pemungutan suara 9 Desember mendatang semua kelengkapan logistik akan rampung.

Baca Juga :
Tiga hal untuk mahasiswa baru agar sukses kuliah

Terkait pelipatan dan sortir surat suara menurutnya akan melibatkan 20 orang dari warga sekitar dengan upah 75 rupiah per lembar surat suara. “Target kita memang lima hari. Kalau belum, nanti kita perpanjang” imbuhnya.

Pembukaan segel dan gembok box kendaraan pengangkut kotak yang didalamnya berisi surat suara dilakukan Ketua KPU Jembrana I Ketut Gede Tangkas Sudiantara dan disaksikan Anggota Bawaslu Jembrana serta Aparat Kepolisian.  MT

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.