Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pasca Gempa Bumi, Siswa Diajarkan Cara Penanggulangan Bencana

Metro Bali
single-image

Pasca Gempa Bumi, Siswa Diajarkan Cara Penanggulangan Bencana

Jembrana (Metrobali.com)-

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana bersama Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jembrana memberikan pelatihan penanggulangan dan penanganan bencana, Kamis (18/6).

Pelatihan diberikan kepada puluhan siswa dari perwakilan SMA se-Jembrana pasca gempa bumi beberapa waktu lalu. Pelatihan dilakukan di SMA Negeri 1 Mendoyo.

Selain materi, dalam pelatihan tersebut siswa juga diajarkan bagaimana bersikap saat terjadi bencana gempa bumi sehingga tidak menjadi korban dan pelatihan dasar cara memberikan pertolongan kepada korban bencana.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Jembrana I Nyoman Budi Argawa mengatakan pelatihan yang diberikan lebih menekankan bagaimana cara untuk menyelematkan diri saat terjadi bencana.

“Melalui pelatihan ini paling tidak bisa menekan jatuhnya korban jiwa saat terjadi bencana” ujarnya.

Pelatihan ini lanjutnya, akan terus dilakukan dengan menyasar sekolah-sekolah. “Dengan pelatihan ini paling tidak pelajar tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana gempa bumi” jelasnya.

Ni Putu Aprilia Wati, salah seorang siswa mengaku senang adanya pelatihan tersebut. Karena melalui pelatihan itu dirinya bisa tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi gempa bumi.

“Dengan pelatihan ini kami juga tahu bagaimana cara menolong teman yang terkena bencana” ujarnya.

Menurutnya apa yang didapat dalam pelatihan akan disebarluaskan minimal krpada keluarga sendiri dan lingkungan terdekat. (Komang Tole)

Bagikan :
Baca Juga :
BUMD Percepat Pembangunan Bandara Buleleng

Leave a Comment

Your email address will not be published.