Ngaben dan Nyekah di Desa Sedang

Metro Bali
single-image

Mangupura (Metrobali.com)
Untuk meringankan beban masyarakat dari segi pendanaan yang merupakan program Desa 5 ( lima ) tahun sekali, Krama masyarakat Desa Sedang Kecamatan Abiansemal melaksanakan Nyekah masal. Upacara Nyekah masal yang dipuput Ida Pedanda dari Griya Langon Sibangkaja ini dihadiri Bupati Badung AA. Gde Agung,SH didampingi anggota DPRD Badung I Putu Sutarta, Kabag Humas dan Protokol I Wayan Weda Dharmaja, Ketua PHDI I Nyoman Sukada, Camat Abiansemal I Nyoman Suardana beserta Tripika Kecamatan dan tokoh masyarakat setempat, bertempat di Lapangan Umum Desa Sedang. Rabu (28/9).

Pada kesempatan tersebut Bupati Badung AA. Gde Agung,SH berkeliling di lokasi untuk meninjau kegiatan upacara dan tempat-tempat Sekah, yang dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sebagai wujud perhatian dan untuk memotivasi semangat yang secara otomatis dapat meringankan beban masyarakat dari segi pendanaan, Bupati Gde Agung mepunia sebesar Rp. 20 juta dan anggota DPRD Badung I Putu Sutarta sebesar Rp. 5 juta.

Sementara itu Ketua Panitia I Made Subur yang juga merupakan Pemangku Pura Batur yang ada di Desa Sedang menyampaikan, pelaksanaan Nyekah masal ini merupakan program Desa Adat setiap 5 tahun sekali. Nyekah masal kali ini diikuti 60 Sekah dengan masing-masing mengeluarkan dana sebesar Rp. 2,5 juta yang kegiatannya diselenggarakan oleh Desa Adat. Adapun dana yang akan dihabiskan menurut Made Subur diperkirakan akan mencapai Rp. 300 juta.

Bagikan :
Baca Juga :
‎6 Pesawat Rombongan Raja Salman Mendarat Sore Ini, Satu Pesawat Kembali ke Jeddah

Leave a Comment

Your email address will not be published.