New Normal, Tim Gabungan Pantau Penerapan Protokol Kesehatan Pasar Tradisional di Gianyar

Metro Bali
single-image
Sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Gianyar dilakukan pemantauan pemberlakuan protokol kesehatan oleh sejumlah instansi terkait, Kamis (9/7/2020).
Gianyar (Metrobali.com)-
Memasuki fase new normal atau tatanan kehidupan baru, sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Gianyar dilakukan pemantauan pemberlakuan protokol kesehatan oleh sejumlah instansi terkait, Kamis (9/7/2020). Hal ini  juga sebagai tindak lanjut terkait Surat Edaran Gubernur Bali nomor 3355 tahun 2020 tentang Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru atau new normal yang serentak dimulai hari ini di seluruh Bali.
Kasatpol PP Gianyar, I Made Watha mengatakan bahwa kegiatan pemantauan ini melibatkan sejumlah instansi untuk melihat bagaimana penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional. “Serentak hari ini (Kamis, 9/7/2020) kami dari tim gabungan Satpol PP, Disperindag, dan Dishub Gianyar melakukan pemantauan protokol kesehatan di total 7 Kecamatan di Kabupaten Gianyar, ” ujarnya, Kamis (9/7/2020).
Ditambahkan, dengan berlakunya SE 3355 tahun 2020 dan adanya himbauan dari Gubernur Bali yang meminta jajaran GTPP Covid 19 menaruh perhatian pada tiga klaster penyebaran, yakni pasar tradisional, keluarga dan masyarakat.
Sedangkan pasar tradisional yang diizinkan beroperasi hanya pasar yang sudah menerapkan protokol tatanan kehidupan era baru secara ketat.  Menurut I Made Watha, dari hasil pemantauan yang dilakukan ke sejumlah pasar tradisional seperti Pasar Umum Gianyar, Pasar Umum Ubud, Pasar Umum Sukawati, Pasar Umum Tampaksiring, Pasar Umum Blahbatuh, Pasar Umum Tegallalang dan Pasar Umum Payangan, hampir 99 persen sudah menaati protokol kesehatan.
“Dimana para pedagang, pengunjung dan pelaku pasar lainnya sudah memakai masker dan jaga jarak. Begitupun dengan bak cuci tangan atau wastafel, sudah tersedia cukup banyak di tempat-tempat strategis di pasar. Begitu juga di pintu masuk pasar, ada petugas yang bertugas mengecek suhu tubuh masyarakat yang beraktivitas keluar masuk pasar, ” katanya.
“Kami juga menurunkan petugas satpol PP tiap hari untuk memantau  dan berkoordinasi dengan pihak desa adat agar penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional tetap dilakukan,” imbuh Watha.
Kesiapan Pemkab Gianyar terutama penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional secara umum sudah siap. Karena selain intens selalu berkoordinasi dengan gugus tugas, pihaknya melalui kepala pasar setiap hari rutin mengingatkan para pedagang, pembeli maupun pelaku pasar lainnya agar selalu mematuhi protokol kesehatan.
Sedangkan, Kadis Perindag Kabupaten Gianyar, Luh Gede Eka Suary mengatakan bahwa pihaknya  sudah membagikan masker serta face shield untuk para pedagang di Pasar Umum Gianyar. “Masker dan face shield itu kami berikan untuk mencegah penluaran virus Covid-19 di area pasar, serta juga untuk menyosong era new normal ini, ” pungkasnya.
Pewarta : Catur
Editor : Whraspati Radha
Bagikan :
Baca Juga :
Sampan Fiber Diminati Nelayan Jembrana

Leave a Comment

Your email address will not be published.