Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Meriah, Lomba Beleganjur se-Bali Rangkaian Festival Seni Budaya Badung

Metro Bali
single-image

Mangupura (Metrobali.com)-

Memasuki hari kedua, Kamis (17/11) Festival Seni Budaya Kabupaten Badung, digelar lomba beleganjur tingkat SMP dan SMA se-Bali. Lomba beleganjur yang pusatkan di Puspem Badung ini berlangsung meriah yang diikuti 15 sekaa beleganjur yang berasal dari sekolah-sekolah di Kabupaten Badung, Kota Denpasar dan Tabanan. Sementara lomba beleganjur tingkat umum dilaksanakan pada Jumat (18/11) sore yang diikuti 12 sekaa.

Pada lomba beleganjur kali ini, tingkat SMP menampilkan 9 sekaa dan SMA 8 sekaa. Penampilan dari seniman muda ini juga mendapat dukungan dari suporter masing-masing sekolah yang memadati parkir timur Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung. Selain itu lomba juga tidak luput dari perhatian pejabat terkait serta seniman-seniwati Badung. Kreteria yang dinilai dalam lomba beleganjur meliputi teknik menabuh, komposisi, keselarasan, greget dan kekompakan penampilan.  Setelah semua peserta unjuk kebolehan, para juri langsung mengumumkan para juara. Adapun juara tabuh beleganjur tingkat SMP, juara I diraih SMPN 1 Kuta Selatan, Juara II SMPN 1 Abiansemal, Juara III SMPN 2 Mengwi. Sedangkan untuk tingkat SMA, juara I diraih SMAN 2 Mengwi, juara II SMAN 1 Abiansemal, juara III SMKN 5 Denpasar. Sementara juara tari pengiring beleganjur tingkat SMP, juara I SMPN 2 Mengwi, juara II SMPN 3 Mengwi, juara III SMPN 1 Abiansemal. Juara tari tingkat SMA, juara I SMAN 2 Mengwi, juara II SMAN 2 Kuta, juara III SMKN 5 Denpasar. Para juara lomba beleganjur berhak mendapatkan tropy dan uang pembinaan yang akan diserahkan pada penutupan Festival Seni Budaya Badung, 28 Nopember 2011 mendatang.

Beleganjur yang perkembangannya begitu pesat di Bali merupakan satu diantara musik pukul gamelan tradisional Bali yang banyak peminatnya menjadi salah satu primadona Festival Seni Budaya ke-5 Kabupaten Badung. Dari berkesenian ini banyak lahir seniman-seniman baru yang memberikan warna tersendiri dalam olah harmoni dan keindahan ketukan mengolah alat pukul tradional ini. Perpaduan kendang, kempul dan cengceng yang begitu serasi dan energik dipadukan dengan gerak tari penarinya membuat Beleganjur selalu ramai dan menjadi ikon setiap perhelatan Festival Seni Budaya Badung. Dimana belakangan ini seniman-seniman berksenian  beleganjur  selalu menyajikan sajian yang begitu atraktif antara keharmonisan gerak tari dan keserasian tabuhnya yang penuh dengan nilai seni yang luhur. (GAB-MB)

Bagikan :
Baca Juga :
Dubes AS Donovan tertarik toleransi beragama di Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published.