Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mendengar Masukan Berbagai Komponen : Pastika Minta Masyarakat Tak Demo Lagi

Metro Bali
single-image

Denpasar (Metrobali.com)-

Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta masyarakatnya untuk tidak berdemonstrasi lagi terkait persoalan reklamasi, setelah diskusi yang diadakan untuk mendengar masukan berbagai komponen di Denpasar, Sabtu (3/8).

“Setelah ini, saya mohon jangan demo lagi, jelek kelihatannya, karena berbagai kegiatan internasional akan digelar di daerah kita dalam waktu dekat,” katanya saat menanggapi pertanyaan dan masukan masyarakat dalam diskusi perihal reklamasi Teluk Benoa, Kabupaten Badung itu.

Ia mengingatkan betapa keuntungan yang bisa didapatkan Bali jika kegiatan internasional seperti kontes ratu sejagat (Miss World), KTT APEC, World Culture Forum, World Democracy Forum, Forum Perdagangan Dunia yang akan dihelat beberapa bulan ke depan ini dapat berjalan dengan sukses.

“Selain itu, ribuan jurnalis asing juga akan meliput kegiatan internasional tersebut. Artinya, kita mendapatkan promosi gratis dan tidak perlu berpromosi ke luar negeri,” ucapnya.

Tetapi, ujar dia, jika sampai berbagai kegiatan itu gagal karena melihat Bali tidak kondusif dengan maraknya demo, sudah tentu pariwisata Bali akan sepi dan sangat berdampak bagi perekonomian masyaraka serta pertumbuhan ekonomi Pulau Dewata.

Mantan Kapolda Bali itu menegaskan terkait rencana reklamasi yang telah disetujuinya tersebut, ia sama sekali tidak berniat untuk menjual pulau kepada investor. “Justru kita yang akan mendapat pulau nantinya seluas 838 hektare, saya pun setuju Bali itu tidak untuk dijual,” katanya.

Pastika menyayangkan penolakan reklamasi yang disampaikan dari kalangan pariwisata, padahal itu sesungguhnya untuk menciptakan destinasi wisata baru di tengah persaingan yang ketat dengan daerah dan negara lain.

“Setelah berekreasi di pulau hasil reklamasi, mereka juga akhirnya akan menginap di kawasan Nusa Dua, Sanur, Kuta dan sebagainya. Saya setuju itu karena saya memikirkan kalangan pariwisata Bali juga,” ucapnya.

Baca Juga :
Tingkatkan Pembelajaran Bagi Anak Sekolah, Ruangguru.Com Tawarkan Kerjasama Kepada Pemkot Denpasar

Menurut dia, pengembangan Teluk Benoa tersebut juga sebagai langkah menyiapkan lapangan pekerjaan bagi generasi muda Bali untuk 5-10 tahun ke depan. Diprediksi dari pengembangan usaha wisata Teluk Benoa akan membuka sekitar 200 ribu lapangan pekerjaan baru.

“Saya juga melihat berapa banyak siswa kita yang tamat dari SMK jurusan kesenian dan lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, mau menari dimana mereka jika tidak ada tempat wisata baru,” katanya.

Ia menegaskan dari proyek itu supaya bisa dilihat juga manfaatnya karena akan menambah luas daratan, menambah kawasan hutan hingga 400 hektare, membuka lapangan kerja, destinasi wisata baru, menyelamatkan kaki Pulau Bali yang makin ceking dan sebagainya.

“Kalau saya hanya memikirkan diri sendiri, saya tentu tidak perlu berbuat macam-macam, tetapi ini saya lakukan demi menyejahterakan rakyat dan untuk generasi kita ke depan. Jika ternyata ada kerugian dari proyek ini, mari kita hitung dan kaji,” kata Pastika.

Dalam seminggu terakhir telah terjadi beberapa aksi demonstrasi penolakan reklamasi, diantaranya dari Komite Kerja Advokasi Lingkungan Hidup (Kekal) Bali dan Gerakan Masyarakat Pemuda Tolak Reklamasi Teluk Benoa (Gempar). AN-MB

Bagikan :
56 Comments
  1. Avatar
    masyarakat kutsel 7 years ago
    Reply

    Dalam seminggu terakhir telah terjadi beberapa aksi demonstrasi penolakan reklamasi, diantaranya dari Komite Kerja Advokasi Lingkungan Hidup (Kekal) Bali dan Gerakan Masyarakat Pemuda Tolak Reklamasi Teluk Benoa (Gempar) :: Karena mereka di isi oleh org” yg belum bisa berkompeten dan belum siap maju dari daerah dan negara lain,, cuma bisa demo dan belum bisa memberikan dampak positif dan negatif yg diterima,,,,

    Demo hnya bikin otak tambah mono,,, klo demo kasikan solusi bukan hnya bsa menolak yg blum tentu hasilnya baik ato kah buruk,,,,

    • Avatar
      Wayan Lelur 7 years ago
      Reply

      @masyarakat kutsel : anda bukan masyarakat Bali lebih baik nggak usah banyak komentar yang tidak anda mengerti deh…kelihatan dari komennya anda “kurang cerdas”. Sudah jelas solusi yang di sampaikan kawan-kawan yaitu menolak reklamasi…kenapa harus ditolak? Dampak buruk yang akan terjadi dari reklamasi itu sendiri yaitu akan terancamnya kehidupan biota laut yang notabene merupakan sumber kehidupan dari para nelayan. Anda mungkin tidak pernah berpikir bagaimana jadi nelayan akan mendapatkan ikan jika biotalautnya sudah rusak. Jika benar pemimpin Bali memikirkan kesejahteraan rakyatnya masih banyak cara masih banyak daerah yang perlu sentuhan pemerataan pembangunan.

      • Avatar
        laskar tiwas 7 years ago
        Reply

        wayan lelur; de ngorahang mas kutsel dong nak bali.
        Kenapa pak wayan ngomong dini gelar gelur care cicing luang amah.
        Ibi tusing bareng mesimekrama jak komponen masyarakat. Ditu seharusne pak wayan ngomong mengenai tusing setuju ajak reklamasi dgn alasan yg didukung dgn data2. Mare ditu ngenah keduegan pak wayan.
        Dini di media on line nak bebas mengemukakan pendapat asal tidak sara aja.
        Suksma

      • Avatar
        astrawan 7 years ago
        Reply

        lautan msih luas tidak seperti danau,jadi nelayan gak usah takut,,,habis di urug kan msih ada lautan..to..!!! 🙁
        jangan hanya gra2 segelintir orng yg punya kepentingan jadi tidak berkembang berkembang..ingat bang,semakin hari manusia semakin banyak,harus ada trobosan untuk hal itu..lapangan pekerjaan contohnya,cobak realistis lagi deh…

  2. Avatar
    deddy 7 years ago
    Reply

    Begitu luasnya bali kenapa pakai urug mengurug , makanya cari investor yg punya uang , jgn kelas tukang tukang urug , pikirkan laut yg diurug, dan akibatnya ,ini kok grasa grusu main keluar SK padahal kajian UNUD blm selesai dibuat ,apalagi sekarang pasang badan buat investor…. Rakyat jd bingung melihatnya..

    • Avatar
      laskar tiwas 7 years ago
      Reply

      deddy: tyang tusing bingung, nak mule madan membangun pasti liu ade ane demen jak tusing. Amen pasing bingung pulesang bane di puri sambilang ngipi maju daerah irage heheheeheh,,,,,,
      Tyang malah salut jak pak mangku, gubernur sane seken2 mekarya demi kemajuan semeton bali.
      Masalh reklamsi nu joh, lagian nu dikaji oleh pihak berwenang dan kompeten.
      Jani pak deddy sampunang bingung, bangun malu de terbuai impian bp, sn, jak py nggih….duegang ibane dadi jeleme pasing bakat uluk2e ken jeleme sn, py atw cr.
      Suksma

  3. Avatar
    sangut 7 years ago
    Reply

    pakmangku jalan terus ….
    tapi tolong seimbangkan pembangunan bali selatan dg bali utara….
    carikan investor buat bali utara…

    • Avatar
      madearya 7 years ago
      Reply

      PT.twbi dah ambil tuh, buat bali utara,, gratis,,

  4. Avatar
    mps.mampus 7 years ago
    Reply

    sudah keblinger, waktunya narik deposito aja ni…!!!

    • Avatar
      Hendra 7 years ago
      Reply

      siapa anda sudah keliatan dari bagaimana anda memperlakukan orang. , .

  5. Avatar
    putra 7 years ago
    Reply

    Sudah kelihatan sekali mangku kehabisan akal…, jika demo blm berhenti, yakin dia akan menggunakan tangan besinya.

    • Avatar
      semeton hindu 7 years ago
      Reply

      Pak putra: ampura pak, pak mangku tusing ngelah lima besi..ane ngelah nto peterpan heheheheh,,,
      Amen demo melah2 trs damai masak nyen bubarange paksa ken pak polisi..amen je ngerusak tyang yakin masyarakat lakar mubarang..
      Demo tuah ajake dase orahange ken bali tv ratusan, nah apang aeng ngenahne…
      Patuh care demo menolak hasil rekapitulasi pilgub bali,,,ngorahang mewakili rakyat bali,,sane cen wakiline,,mungkin rakyat bali post gen jenenge…

    • Avatar
      Hendra 7 years ago
      Reply

      Pak Putra @. , .jangan sampai Kita di uluk2 media. , .jangan sampai jadi korban media. , .jika terjadi demo yg anarkis. , .kita sebagai Rakyat Bali akan Rugi. , .Pak Mangku adalah putra terbaik Bali saat ini. ,.banyak orang dan media yang mencaci maki menghina Beliau. , .tetapi Beliau tanggapi dengan rendah hati. , .jika orang lain diposisi Beliau. , .munggkin sudah pakai tangan besinya untuk melawan. , .

  6. Avatar
    Cenk blonk 7 years ago
    Reply

    Instrofeksi dong kak mangku, wong dia sendiri yang bikin masalah, tidak ada hubungan sama APEC. Saya sebagai masyarakat kecil, apa untungnya ada APEC, tanpa apek pun Bali memang dari dulu kala di kunjungi wisatawan, ngawur ni orang, sebelum SK itu di cabut , demo takkan pernah surut, bayangin kalau laut di urug, pasti abrasi akan datang di tempat lain, se

    • Avatar
      laskar tiwas 7 years ago
      Reply

      ceng blong; sedurungne ampura dumun. Pekenahan ceng blong tuah alangkat buka care cicing tuah nawang ngamah dogen.
      Dadi pemimpin pasine selalu mikirang kedepan mengenai kesejahteraan, tusing care nani buka cicing borosan kemu mai kepung jeleme.
      Makane blong melajah malu nah setonden mewacana pang benilai dadi jeleme.
      Bali menjadi tempat apec suatu kebanggan dan kepercayaan buat bali, mungkin gumin nani di jawe bes liunan teroris tusing ade percaya ngelaksanaang acara besar seperti ini. Dini kelebihan pak MP dadi gubernur tidak saja dipercaya oleh krame bali tapi dunia mengakuinya.
      Pak Mangku lanjutkan pembangunan dumogi masyarakat Bali makmur, rahayu rahajeng…
      Suksma

    • Avatar
      Hendra 7 years ago
      Reply

      bli Cenk blong. , .dari dulu Bali memang kawasan Wisata. , .tapi kunjungan wisata Bali semakin menurun karena masih banyak tempat wisata di dunia yg menarik. , .Bali tidak termasuk 20 kawasan wisata terfavorit dunia. , .Bali masih kalah dengan pariwisata Thailand dan Malaysia. , .jangan bandingin dengan singapore. ,. ,.singapore sudah diatas langit. , .makanya Bali perlu perubahan yg positif yang benar2 bisa menambah daya tarik Pariwisata mancanegara. , .

  7. Avatar
    putry 7 years ago
    Reply

    maju terus pak mangku,,!!!!dalangnya cm satu, ini wayang2nya sj, dalangnya hbs pilgub ngumpet trus tp pke remote menggerakan pion2nya,,,,ane setuju nak mendep sambil sibuk megae pang payu nyekolahang panak, pang ngidaang ngae umah baru, pang ngidaang mayah cicilan mobil ajak cicilan kaplingan,,,yg penting tamu rame nu ke bali,,,,demen be atine megae,,,,pang sg kanti terorist dauh tukad bin teke mai,,,,,apebuin timpal2 ane megae diluar negeri mare mulih penuh isin pesawat jeg lege atine,,,sing care pidan suud bomm kosong pesawate,,,,,mari jaga bali bersama2,,,,,

  8. Avatar
    de glut 7 years ago
    Reply

    dalangne ….satrya narada….

  9. Avatar
    merdah-tualen 7 years ago
    Reply

    saya salut ama pak gubernur yg sgt brani ambil keputusan tuk reklamasi teluk benoa dg pertimbangan lbh banyak dampak positifnya ktimbang negatifnya…(versi pro gubernur..) padahal versi tim pengkaji dri Unud blum selesai. kalo reklamasi terjadi sdh bisa dipastikan abrasi di pesisir pantai bali dan nusa penida akan semakin parah…banyak.daerah di pesisir pantai akan diprediksitenggelam terutamajungut batu dan lembongan..sdh menjadi rumus alamiah bahwa penimbunan/pengurugan/reklamasi pd suatu tempat akan menimbulkan abrasi/penambahan volume air laut di tempat yg datarannya rendah/menenggelamkan tempat lain yg tidak bisa dihitung dg nilai uang…apakah ini yg dibilang lebih banyak positif….sdahlah jendral jgn bikin masyarakat bali ketakutan akan akibat proyek ini….masih banyak cara tuk menjadikan Bali ini lbh maju…bapak orang cerdas cari ide lain yg lbh bersahabat dg culture dan alam bali..

    • Avatar
      Hendra 7 years ago
      Reply

      Beli merdah. , .Laut to luas Beli. , .yen tolih di peta Dunia, Bali to sing ngenah. , .apalagi Pulau Buatane. , .Masa Mare meurug monto dampak ne aeng sajan. , .Pikir Bli. , .To Arab Saudi Ngae Pulau Buatan ne Gede. , .seng je kengken Gumi Ditu . , .Masa mare meurug di Bali, yeh pasih kulek2 Bali gen. , .sube pasti menyebar merata. , .

      • Avatar
        petrux 7 years ago
        Reply

        Patuh ci gumi ajak di arab!!! Kuren ci pasti matane gen ngenah!!urug ajak jilbab selem

  10. Avatar
    Banteng impoten 7 years ago
    Reply

    Setuju relamasi

  11. Avatar
    krama 7 years ago
    Reply

    Pidan walhi nolak jalan tol suba pragat konyang demen nganggo…

    • Avatar
      AWBP 7 years ago
      Reply

      Yakti nike

  12. Avatar
    tude 7 years ago
    Reply

    perumpamaan kelas lokal “gelas berisi air penuh diisi es batu air akan tumpah” sangat tepat sekali. jika perumpamaan global reklamasi yg dilakukan singapura, malaysia, philipina atau jepang untuk menambah luas daratan kita tdk sadar tapi merasakan dampaknya. abrasi bukan saja di bali tapi dibeberapa negara yg berdekatan dgn negara yg melakukan reklamasi. berpikir realistis saja melakukan reklamasi disamping melindungi pulau bali juga menambah luasan u investasi sehingga investor tdk memaksakan u mencari lahan produktp. negara tetangga sdh duluan melakuan perlindungan thdp pulau yg sdh ada. jika tdk melakukan mereka akan senang dan kita yg menanggung akibatnya.

  13. Avatar
    Bali Driver 7 years ago
    Reply

    Hello Bali, Tyang lihat langsung orang reklamasi beberapa pulau di Malaysia. Banyak positivenya untuk jangka panjang….kalau pemimpin mempunyai visi kedepan pasti akan melakukan itu. Bali juga perlu itu dan harus ada regulasi pendukungnya. Ada yng berpendapat akan mematikan mata pencaharian Nelayan, Nah disini lah tujuannya untuk meningkat kesejahteraan warga nelayan, sebagian besar nelayan itu belom bagus penghasilannya karena melaut itu harus mengikuti musim…..jadi kalau warga diberi kesempatan selain melaut ada pekerjaan sampingan…ajukan ketentuan-ketentuan yg hrs di penuhi investor..seperti meberikan csrnya untuk pembelian kapal yg lebih bagus dari pada yg traditional dan bisa dipakai jangkuan lebih luas laut kita luas jangan kawatir….Memang pembangunan semua ada resikonya,

    • Avatar
      merdah-tualen 7 years ago
      Reply

      kalo desanya tenggelam apa penggantinya….pikir dulu akibat terburuknya mas bro

      • Avatar
        merdah-tualen 7 years ago
        Reply

        kalo mau maju dg inovasi yg modern temukan ide yg lbh bagus ….msh bnyk di bali ini yg bsa diklola dg tidak melanggar aturan…jgn ide yg kontoversial yg meresahkan masyarakat….tanpa reklamasi pun bali sdh berada paling depan di dunia….lapangan kerja banyak,semua bisnis dari A sampai Z sdh ada di bali. pencari kerja berdatangan dri sgla penjuru dunia….apa itu bukan sgt maju ?

        • Avatar
          warekodare 7 years ago
          Reply

          pencari kerja berdatangan dr luar….tp orang bali sendiri susah cari kerja… dibali…sampai tumpah keluar negeri jadi yang banyak kerja di bali adalah orang luar bali….

      • Avatar
        Hendra 7 years ago
        Reply

        gk mungkin desa bisa tenggelam. , . liat pak. , .Di arab Saudi Ada beberapa Pulau buatan yang besar. , .ada gedung gedung tertinggi dunia. , .aman je Gumi ditu, . ,

  14. Avatar
    sugandha 7 years ago
    Reply

    setuju

  15. Avatar
    arjuna wiwaha 7 years ago
    Reply

    Dsini ajang berbagi semeton sareng sinamian, kita sama2 lahir,besar di bali silahkan berdiskusi tp jgn sampai perang senjata y, apabila memang baik prombakan silahkan, tp bila memang perlu di kaji dan tidak perlu teburu2 akan lebih baik. Prombakan terasa katanya bermanfaat bagi nelayan bagus, tp apakah akan signifikan para nelayan merasakan, bukan hanya segelintir orang yg mlakukan proyek itu?
    Jgn saja bali sampai seperti jakrta, nilai budaya bergeser terlalu jauh, lama2 masyarakat bali hindu tidak mendominasi karena mudahnya orng luar untuk bermukim dbali, smntra pribumi sndri semakin terjepit,, krn hanya sibuk dgn memperkaya diri, mementingkan prestise yg instan…dan ironi nya lagi hanya dirasakan segelintir orng saja

  16. Avatar
    JAYA 7 years ago
    Reply

    pak mangku tolong diperhatikan nasib anak cucu masyarakat bali ke depan, jangan hanya berfikir 5-10 th saja (masa pemerintahan pak mangku), dan setelah itu membiarkan masyarakat bali hancur karena daerah pesisir tenggelam oleh abrasi air laut akibat dari reklamasi 838 ha teluk benoa. pak mangku yang sebenarnya sangat pintar, kenapa menjadi kurang cerdas menyikapi keinginan masyarakat bali yaitu menolak adanya rencana reklamasi tsb. Oh. Hyang Widhi bukalah pintu hatinya pak mangku, sehingga bisa menerima kebenaran dari segala penjuru bali, dan menolak kerakusan investor yang akan merusak bali.

    • Avatar
      astrawan 7 years ago
      Reply

      pak jaya:dunia ini luas pak,,jika di bandingkan dengan jumlah reklamasi di bali.
      reklamasi segitu mah tiada artinya,,,byngkan itu klo negara tetangga yg reklamasi,kan pulai kita yg abrasi….bner kan???coba di kaji lagi..!!berpikir yg bener dulu.

    • Avatar
      Hendra 7 years ago
      Reply

      Jaya. , .melajah malu Bro. , .Laut to luas permukaan 510 juta kilometer persegi. , .10.000 ha pun tidak akan menaikan volume air laut dunia. , .emang ne laut cuma ade di Bali gen. , .?

  17. Avatar
    masyarakat kutsel 7 years ago
    Reply

    Wayan lelur dan deddy: apakah anda org bali asli!? Apakah anda tau sendiri letak teluk benoa dan pulau pudut sendiri!?
    Apakah pulau yg luas yg terkena abrasi ga kalian pikirkan!?
    Sukur” investor mau menanamkan modal buat reklamasi,, apakah anda sendiri mau mengembalikan pulau kami!? Bgaimna kalu desa kalian tenggelam sedangkan pemerintah tidak cukup dana utk membiayai perbaikan desa klian!? Psti cari investor dan apa akan klian berikan pda investor dng timbal balik nya!? Mangku pastika punya kajian” yg matang akan itu,,, saya sependapat dengan bali driver kalau pemimpin mempunyai visi yg matang tidak akan sampai menyengsarakan masyarakat,,,

  18. Avatar
    nak lacur 7 years ago
    Reply

    saya setuju dengan point positif tentang pembangunan yang akan membuat lapangan pekerjaan untuk generasi muda di bali. namun mengapa pembangunan dan perkembangan pariwisata hanya di bangun di sana saja??? akankah lebih baiknya jika pulau BALI ini di melakukan pembangunan secara merata baik dari segi pariwisata maupun lainnya, masih banyak saya temui wilayah-wilayah di bali sana yang masih minim nya dilakukan pembangunan untuk meningkatkan pariwisatanya. kita tahu sendiri kawasan teluk benoa merupakan tempat serapnya air hujan dari berbagai aliran air di bali. jika itu di bangun akankah ingin bali menjadi kota yang padat seperti ibukota kita yang rawan BANJIR??? jika itu terjadi maka wisatawan juga akan berfikir untuk berkunjung ke pulau kita yang tercinta ini.

  19. Avatar
    Wisnu 7 years ago
    Reply

    Adakah investor yg mau mereklamasi bbrpa pantai di bali yg penduduk pinggir pantainya konon hanya memegang sertifikat smntara tanahnya sdh tdk ada? Wenten ten nggih?? Kalo ada investor yg mau atau pemprov bali sendiri yg melakukan,ty matur suksma….

  20. Avatar
    alexi 7 years ago
    Reply

    MK sdh memutuskan ijin tahura sdh dicabut karena bertentangan dengan aturan moratorium pembangunan wisata di wilayah selatan yang dibuat sendiri oleh pak mangku yang terhormat,, reklamasi nantinya pasti akan bernasib sama.. ngakunya orang pintar eh aturan dia yg buat dia yg langgar.. beginilah pimpinan rakyat bali yg egois…

  21. Avatar
    alexi 7 years ago
    Reply

    di karang asem, bangli n jembrana masih banyak lahan mr gub.. tolong dipikir dulu… kebijaksanaan yg benar2 aneh.. demi rakyat atau kantong anda…

    • Avatar
      Hendra 7 years ago
      Reply

      Reklamasi yg efektif to paek ajak Bandara dan infrastruktur jalan yang baik. , .care Tol atas laut Bali. , Emang ne di Bangli, Karangasem Jembrana ade Bandara Ku. , .? pikir Ku. , .pang sing pocol nelahang piss bekbek seng ade ape de, . ,

    • Avatar
      Hendra 7 years ago
      Reply

      de nyak uluk2 jak media. , .ngorahang korupsi kene keto. , .amen seken ade korupsi KPK pasti beraksi. , .jangan negatif thinking malu. , .

  22. Avatar
    weda sastra 7 years ago
    Reply

    menurut tyang reklamasi memang berdampak buruk karena akan menyebabkan abrasi contoh : pantai padang galak, pantai lebih DLL, knapana pemerintah tidak memampaatkan lahan yang terbengkalai akibat reklamasi seperti pulau serangan…

  23. Avatar
    Maandaran 7 years ago
    Reply

    jeg adep telahang,,, jeg urug nang, sing kenken,,,
    Nak tamu mai dot nolih budaya bali, sing je kal ngenot tain kuluk ditengah pasihe,,,
    Bukit2 telah dadi villa, carik2 telah dadi villa, jani pasih telahang cai dadiang hotel, mulia, nikko, new kuta, cen buin, kaden tamu mai ngalih hotel???
    Liun munyi dini taen awake melali ke phuket???
    Taen melali ke siem reap?? Taen ci nawang di amerika men be kawasan konservasi sing dadi kutik abedik??
    Men sing pelajahin ibe malu pang dueg mare benehin mepete,,,
    Cg sing ngerambang nyak payu nyak sing reklamasi, jeg liamg atin cang men sing ade tamu ke bali, pang sing telah meadep tanah di bali,,,
    Jeg dot sajan cang meli tanah 1are gen anggo tegak umah, but it seems impossible, telah amah investor jak makelar!!!

    • Avatar
      Wisnu 7 years ago
      Reply

      Patut nika… Setuju ty.. Kemajuan yg tdk berarti apa2 bgi msyarakat bali.Bekan nyame luar ane ngebekin tanah bali… Percaya tdk dikampung2 jani sube liu tanah gelahan ajak nyame luar?? Rage nak bali kal kija,transmigrasi??

  24. Avatar
    airman 7 years ago
    Reply

    reklamasi itu belum perlu, di pulau bali yg cukup luas masih banyak tempat di timur, utara dan barat bali yg masih bisa digarap investor, jangan sampai investor yg mendikte kita. saya pribadi setuju pembangunan, tapi jangan sampai kearah yg buruk, yang kena getahnya adalah masyarakat bali, klo investor siih cm bakal ongkang2 kaki menghitung untung….

  25. Avatar
    wayan guwang 7 years ago
    Reply

    DEMONTRASI atau demo, merupakan kekecewaaan masyarakat atas tidak terwakilnya suara masyarakat… dengan kata lain, DEMO = mosi tak percaya thd DPRD sbg pejabat yudikatif.
    melihat fakta tersebut… hendaknya DPR/DPRD turun ke lapangan untuk menyelesaikan permasalahan yg dijadikan tema demo..
    sbg negara demokrasi, PARPOL sbg saluran as[irasi hendaknya me”RECALL” anggota dewan yg kurang komunikatif dg massa dapil’nya..
    intinya.. ada demo, DPRD itu mandul… wajib diganti atau jng pilih lg di PEMILU 2014…
    mari sama2 belajar berpolitik dan berdemokrasi. salam rahayu…

  26. Avatar
    i kadek adi 7 years ago
    Reply

    gubernur pragat ngorang pariwisata sepi.. pipis dogen tolih e… pilgub trus ngorang tri hita karana.. aruuhh uluk2 gen satuane

  27. Avatar
    skippy 7 years ago
    Reply

    sepertinya pemerintah bali harus terbuka untuk membuktikan semua ini.
    marilah undang tourism board dari negara2 penyumbang devisa utk bali contoh: australia, jepang, china, dll.. dengarkan apa yang mereka keluhkan dan apa saran dari mereka. tampung dan kerjakan.
    saya sudah berbicara dengan pihak australia tourism board.
    keluhan 1 adalah macet nya lalu lintas di bali..
    keluhan ke 2.. tingkat kriminalitas tinggi. terutama legian.
    keluhan ke 3.. terlalu banyak pembangunan modern (mall dan hotel)
    mereka mengatakan mall dan hotel mereka disana jauhhh lebih bagus dari yang ada disini. dan mereka ke bali bukan utk berkunjung mall to mall lagi ataupun tinggal di minimalis hotel berukuran 3×3.. mereka sudah punya disana.

    mereka ke bali untuk mencari suasana yang jauh berbeda dari yang ada disana. jika tidak percaya.. coba pikirkan.. siapa yang selalu mempopulerkan sebuah pantai yang baru? contoh pandawa beach (ungasan), virgin beach (karangasem), padang2 (labuan sait), blue point (uluwatu).

    mereka mencari sesuatu yang baru yang masih blom tersentuh ke modern an.. tempat dimana mereka bisa menemukan ketenangann

    • Avatar
      Wisnu 7 years ago
      Reply

      Seharusnya mrk bisa berpikir jernih. Yah mau bilang apa klo ada kepentingan?
      Kita di bali menjual budaya,bkn menjual yg sdh sdh ada di negara para turis itu.
      Jd seharusnya para pengambil kebijaksanaan di pemerintahan kita memproteksi seni budaya bali yg tdk ada diluar sana.
      Bali bukan pulau dewata
      Bali adalah pulau investor skr

  28. Avatar
    ngurahagungjaya 7 years ago
    Reply

    Pidan Pak Mangku gelah PDIP, cok rat ok maang rekomendasi, jadi Pak Mangku Gelahang Rakyat Bali, SK dadiang masalah, jeg pang paling beneh gen PDIP, jani ada prof. ibrahim milu ngobok2 jeg kene gen model jeleme ane kal menyehang BALINE, yen beade ne kal ngemajuang Bali demo, depang pang sing maju2 Bali

  29. Avatar
    Hendra 7 years ago
    Reply

    @MASYARAKAT BALI . , .JANGAN MENGGANTUNGKAN HIDUP ANDA KEPADA ORANG LAIN. , .INI KEHIDUPAN KITA SENDIRI. , .BAIK BURUKNYA KEHIDUPAN KITA ADA DITANGAN KITA SENDIRI. , .

    KITA PERLU SADAR DAN TAHU PENTINGNYA INVESTASI DEMI KEHIDUPAN KITA. , .KITA PUN BISA JADI INVESTOR. , .INVESTOR BUKAN MEREKA YANG PUNYA UANG BANYAK SAJA TETAPI KITA YANG PUNYA UANG LEBIH Rp 200RB/ BULAN SAJA BISA INVESTASI YANG AMAN, . ,INVESTASI HARUS LEBIH TINGGI DARI BUNGA DEPOSITO BANK. , .
    BANYAK CARA YANG AMAN SEPERTI DI INTRUMEN REKSADANA SAHAM, REKSADANA CAMPURAN, REKSADANA PENDAPATAN TETAP DAN LAIN . , .TINGGAL PILIH MANA MANAJER INVESTASI YANG ANDA PERCAYA TENTUNYA HARUS MEMILIKI IJIN DARI OJK (OTORITAS JASA KEUANGAN). , .

    ADA BEBERAPA TEMAN YANG INVETASI DI FOREX (FOREIGN EXCHANGE). , .ITU BAGUS TETAPI SAYA KURANG TAHU TETANG ITU. , .

    SEMENTARA SAYA FOKUS INVESTASI DI PASAR MODAL. , .DENGAN MODAL Rp 30jt TERKADANG HARGA SAHAM NAIK 7 % DALAM 1 HARI. , . DAPAT KIRA2 Rp 2jt , TERKADANG 1 X GAJI SAYA PERBULAN BEKERJA DI HOTEL SAYA DAPAT DI PASAR MODAL DALAM SEMINGGU DENGAN MODAL TERSEBUT. , .

    TETAPI PERLU DIINGAT DALAM BERINVESTASI SEMAKIN TINGGI TINGKAT KEUNTUNGANNYA . ,. SEMAKIN TINGGI JUGA RESIKONYA. , .

    SARAN SAYA KENALI INSTRUMEN INVESTASINYA, PELAJARI CARANYA, KENALI RESIKONYA DAN PALING PENTING KENDALIKAN DIRI DENGAN AKAL SEHAT. , .KITA BISA BELAJAR DARI INTERNET ATAU DARI ORANG YANG BERPENGALAMAN. , .

    DI AMERIKA 3 DARI 5 ORANG DISANA BERINVESTASI. , .MAKANYA SETIAP TAHUN MEREKA BISA BERLIBUR KESANA KEMARI. . ,

    KETIKA 70 % SAJA MASYARAKAT INDONESIA SADAR PENTINGGYA INVETASI , . ,SAAT ITULAH INDONESIA TIDAK BUTUH ADANYA DANA ASING UNTUK PEMBANGUNAN. , .

  30. Avatar
    gede santai 7 years ago
    Reply

    pebedikin uyut, gaene jemak….

  31. Avatar
    gede santai 7 years ago
    Reply

    pemerintah memeng selalu salah, siapan pun yg memimpin akan selalu ada pro dan kontra… sebenarnya disini tidak ada yg salah dan benar… cm bagai mana akan menyikapi… belum ada bukti bahwa akan terjdi abrasi kita sudah nuntut membatalkan, andai kata semua yg kita takutkan tidak terjadi, apa kalian yg tidak mendukung tidak malu sama pak mangku???
    dan kalo pun itu terjadi,biarkan pihak asing yg menjadi investor yg bertanggung jawab, toh juga mrka bnyak uang… dan orang asing tidak mungkin akan lari dari tanggung jawab.
    bukannya saya mendukung reklamasi tpi biarkan dulu berkembang….
    kuluk ngongkong nak onden karuan nyegut,intinya kita belum tahu apa yg akn terjadi esok… hnya tuhan yg tahu… klo memang akan ada abrasi mau gmn lgi, di aceh tak pernah ada reklamasi jg ada tsunami, siapa sangka nah. jani slegang nyemak gae, mon be disne masi irage kal mati gen, sing ulian abrasi ne lenan ulesne…masalh panak n cucu kan bin mekelo ento, jani irage sing setuju reklamasi,buin pidan ye panak jak cucu rage ne setuju… kan patuh gen dadine… Santai gen jak mekejang bli… irage idu digumine nak angkian ben nyilih… nikmati gen be…

  32. Avatar
    adhi 7 years ago
    Reply

    pak mangku abrasi di sanur ketimur sangat2 parang, itu jarena reklamasi serangan dulu waktu gub oke, itu dulu tanggulangi jgn sampe parah. sekarang akibat abrasi itu bibir pantai dengan daratan sangat2 dekat, kalau disanur sudah di pasngi tanggul utk menanggulangi abrasi,dari sanur ke timur gemana nasibnya, kasian warga di sana lama2 abis Tanah deket pantai, bukan karena di jual tapi di makan pasih.

  33. Avatar
    Gede Bingin 7 years ago
    Reply

    Sadarilah bahwa setiap perusahaan besar di bali itu milik non Bali. Jadi mereka akan membawa sebanyak2nya karyawan dari asal mereka. Bukan karena orang bali tidak bisa. Tp karena yang punya usaha itu. Jadi kalo memang mau rekalamasi, mohon betul2 dari bali untuk bali. kUOTA ORANG LUAR DIBATASI

Leave a Comment

Your email address will not be published.