Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Media China: Hampir 200 Serangan ‘Teroris’ Terjadi Di Xinjiang

Bagus
single-image

Beijing (Metrobali.com) –

China mencatat hampir 200 serangan “teroris” terjadi di wilayah barat jauh Xinjiang tahun lalu, kata media pemerintah melaporkan Senin, menggarisbawahi meningkatnya ketegangan di daerah yang merupakan rumah bagi Muslim Uighur itu.

Serangan-serangan kekerasan atas nama “jihad” telah meningkat pesat sejak tahun 2009 dan telah menjadi ancaman terbesar bagi wilayah itu, kata majalah Oriental Outlook, mengutip otoritas polisi setempat.

Beberapa insiden mematikan telah terjadi di Xinjiang tahun ini dan pemerintah China telah menyalahkan serangan berapi-api di Lapangan Tiananmen Beijing itu kepada “teroris” dari daerah.

Insiden itu menewaskan dua wisatawan dan 40 orang lainnya luka-luka, dengan tiga penyerang sekarat setelah kendaraan mereka terbakar.

Beijing telah menunjuk insiden kekerasan di Xinjiang itu sebagai bukti meningkatnya ekstremisme di kalangan etnis minoritas Uighur.

Namun informasi di wilayah ini secara ketat dikontrol, dan organisasi Uighur mengeluhkan represi budaya dan agama.

Mingguan yang berbasis di Shanghai, yang dimiliki oleh kantor berita resmi Xinhua, mengatakan lebih dari 190 serangan “teroris” masuk di Xinjiang tahun lalu, meningkat “dengan margin yang signifikan” dari tahun 2011.

Sebagian besar penyerang pada usia di awal 30-an atau lebih muda dan lebih banyak bertindak dalam kelompok-kelompok kecil atau individu seperti “serigala”, tambahnya.

Sebuah organisasi Islam garis keras telah mengatakan insiden Tiananmen, di jantung simbolis negara China itu adalah “operasi jihad” dan diprediksi lebih banyak kekerasan, menurut kelompok pemantau SITE yang berbasis di AS.

Tidak jelas apakah pernyataan itu termasuk eksplisit klaim bertanggungjawab. (Ant/AFP)

 

Bagikan :
Baca Juga :
PIALA DUNIA 2018 : Inggris tersingkir, Kroasia ke final Piala Dunia untuk pertama kalinya

Leave a Comment

Your email address will not be published.