Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Maksimalkan Peran PKK, Ny. Putri Koster Bangun Sinergisitas serta  Pelibatan Pihak Lain 

Metro Bali
single-image

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster saat kunjungan kerjanya ke Banjar Dukuh, Kelurahan Padangkerta , Karangasem, Minggu (25/8).

 

Amlapura, (Metrobali.com)

KARANGASEM- Mempunyai peran strategis serta didukung struktur organisasi terlengkap, mulai tingkat pusat hingga dasa wisma, PKK yang tujuannya adalah untuk membantu pemerintah dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat mesti mampu berbuat lebih banyak.

Demikian disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster saat kunjungan kerjanya ke Banjar Dukuh, Kelurahan Padangkerta , Karangasem, Minggu (25/8).

Selanjutnya Ny. Putri Koster mengungkan bahwa tugas ini hanya bisa terlaksana khususnya terkait 10 Program Pokok PKK, apabila terjalin sinergisitas dengan pelibatan berbagai pihak termasuk komponen masyarakat.
“Untuk Provinsi Bali, 10 Program Pokok PKK sangat sejalan dengan visi misi Gubernur Bali, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” ujarnya.

Untuk itu, dalam kunjungan kerja kali ini, pihaknya menggandeng 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Bali. Sebab menurutnya keberhasilan pelaksanaan program pemerintah provinsi akan lebih maksimal dengan adanya keterlibatan unsur PKK di dalamnya.

“Karena PKK itu adanya langsung di tengah masyarakat, dan adalah bagian dari masyarakat itu sendiri. Di sisi lain juga ikut bergerak bersama-sama pemerintah dalam tiap program pembangunan. Sehingga ketika melihat permasalahan, kita bersinergi dengan pemerintah melalui OPD terkait untuk secepat mungkin menyelesaikan permasalahan itu,” ungkapnyam

Apalagi lanjutnya, bila hal itu terkait umewujudkan keluarga dan masyarakat sejahtera yang membutuhkan koordinasi dan komitmen dari berbagai sektor serta wilayah. Misalnya menyangkut terlaksananya program peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, keamanan dan perekonomian termasuk sektor lainnya.

Namun diingatkannya, dalam pola gerak sinergisitas yang seirama, antara satu dengan lain tidak boleh saling tumpang tindih. “Bukan PKK namanya kalau tidak bergerak, PKK harus terus bergerak memantau dan melihat permasalahan masyarakat. Sampaikan apa yang menjadi prioritas dan terus bersinergi. Kita bergerak bersama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat menuju Bali era baru, ” imbuhnya

Baca Juga :
Slidingspoot V Talov : Songsong Era Global dalam Bingkai Profesionalitas dan Spritualitas

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa sangat mengapresiasi kunjungan kerja yang dilaksanakan Ny.Putri Koster ke Kabupaten Karangasem. Pihaknya menyambut gembira terbangunannya sinergitas dalam tiap gerak pelaksanaan program pembanguan khususnya berasal dari pemerintah provinsi Bali.

Artha Dipa kemudian menyampaikan bahwa angka wajib belajar di  Kabupaten Karangasem masih  tergolong rendah. Bahkan termasuk salah satu dari tiga kabupaten dengan angka kemiskinan yang cukup tinggi Bali.

Maka itu pihaknya berharap, ke depan sinergitas antara PKK maupun OPD tingkat provinsi di bidang terkait makin ditingkatkan. Harapannya hal itu akan mampu ikut mendorong peningkatan kesejahtera masyarakat Karangasem.

Pada kesempatan itu, Ny.Putri Koster didampingi Wakil Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem melakukan peninjauan ke stand pameran yang menghadirkan pasar murah, pemeriksaan kesehatan, pembagian kaca mata gratis , IVA Test dan pelayanan kependudukan.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan setelan baju kepada 120 anggota yang tergabung dalam tuga sekaa gong dan penyerahan bantuan pada lansia.

Sebelumnya program serupa  dilaksanakan TP PKK Provinsi Bali bersama  12 OPD Pemprov Bali di Kabupaten Jembrana. Sumber ;Humas Pemkab Karangasem.

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.