Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mahfud : Calon Kepala Daerah Belum Siap Kalah

Metro Bali
single-image

Denpasar (Metrobali.com)-

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menyatakan mayoritas calon kepala daerah yang bertarung dalam pemilihan kepala daerah di Indonsia belum memiliki budaya siap kalah mengingat banyaknya sengketa pilkada yang ditangani MK.

“Indikatornya memang orang tak mau kalah, belum memiliki budaya mau kalah,” katanya usai menjadi pembicara dalam Pertemuan Forum Rektor Indonesia di Kampus Universitas Udayana, di Denpasar, Sabtu (22/6).

Dia menjelaskan bahwa selama menjadi hakim di Mahkamah Konstitusi, gugatan dari pasangan calon dalam proses pemilihan kepala daerah hanya 11 persen yang menang atau sekitar 38 kasus dari 398 gugatan yang dilayangkan oleh pasangan calon yang tak puas.

“Yang menang di MK hanya 11 persen dari 398 kasus, berarti hasil dari KPU di daerah sudah benar. Meskipun demikian, sudah jelas-jelas mereka kalah, tetapi mereka tetap memaki,” ucap pria yang pernah menjabat sebagai Menkumham dan Menhan di era pemerintahan Abdurrahman Wahid itu.

Mahfud memandang apabila ada gugatan dari salah satu kandidat ke MK merupakan hal yang wajar karena semua kontestan yang kalah bertarung dalam proses politik, belum merasa puas.

“Saya tidak risau dengan orang yang tidak puas, karena memang semua ingin menang, kalau kalah pasti tidak puas,” tegasnya.

Kasus sengketa Pilkada juga terjadi di Pulau Dewata dalam proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2013 yang baru-baru ini ditangani oleh MK.

Mahkamah Konstitusi akhirnya menolak permohonan tim pasangan calon nomor urut 1 yakni Anak Agung Puspayoga-Dewa Sukrawan (PAS) yang tidak puas dengan hasil pilkada.

MK akhirnya menetapkan keputusan KPU Provinsi Bali yang menetapkan pasangan nomor urut 2 Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta sebagai pemenang.

Baca Juga :
Ubah “Sampah dan Sapi” jadi "Ecopark", Cok Ace Dukung Ide Rai Mantra

Selain calon kepala daerah di Tanah Air yang belum siap kalah, pria kelahiran Sampang, Jatim, 56 tahun silam itu juga menyebutkan bahwa 50 persen lebih kepala daerah di Tanah Air terlibat kasus korupsi.

“sebanyak 687 kepala daerah dari 500 kepala daerah tingkat I terlibat korupsi, mungkin kita harus mengevaluasi proses rekrutmen kepala daerah,” ucapnya. INT-MB

Bagikan :
6 Comments
  1. Avatar
    Pangeran 7 years ago
    Reply

    contoh di Bali ya pak..sampai masuk RS Bangli….sing taen ngenah jelmane…

  2. Avatar
    merdah 7 years ago
    Reply

    pise sube telah amahe teken ikan teri ….sing nyak pdip bali ke ptun buin ….jaje kakne …

  3. Avatar
    putry 7 years ago
    Reply

    terutama pdip pak ya, di semua provinsi pdip klo kalah sll protest, sekarang di sumsel jg ikut mrotes,,,maklum ketumnya pecundang msh kekanank2an,,,blm dewasa tp sdh nenek2,,,,

  4. Avatar
    Can,t 7 years ago
    Reply

    “Saya tidak risau dengan orang yang tidak puas, karena memang semua ingin menang, kalau kalah pasti tidak puas,” tegasnya Mahfud….yaaaaaa. inilah mental-mental petarung kita umumnya Indo. hanya bermodal spesimis dan keberanian (budi) tanpa dibarengi dengan kesiapan daya luhur serta konsisten.

  5. Avatar
    goeslaw tut 7 years ago
    Reply

    salah satunya puspoyogo ….sampai jani mengkeb ….tusing satya wacana .

  6. Avatar
    Santun 7 years ago
    Reply

    @goeslaw tut…mungkin dia mau jadi satria piningit….mengkeb2 biar berkharisma…setelah 5 tahun lewat…

Leave a Comment

Your email address will not be published.