Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

LPD Berprestasi Terima Penghargaan

Metro Bali
single-image
Mangupura (Metrobali.com)-
Guna memotivasi dan meningkatkan kinerja pengelola Lembaga Perkreditan Desa (LPD), Pemerintah Kabupaten Badung melalui Bagian Perekonomian Setda Badung menggelar Lomba LPD Berprestasi tahun 2011. Lomba ini diikuti 12 LPD yang merupakan duta dari masing-masing kecamatan yang terdiri dari enam peserta untuk kategori asset diatas 5 milyar dan enam peserta lainnya untuk kategori asset dibawah 5 milyar.
Penilaian lomba LPD berprestasi telah dilakukan oleh Tim Penilai Kabupaten Badung mulai tanggal 22 Agustus hingga 15 September 2011 yang bertempat di masing-masing kantor LPD. Unsur yang dinilai meliputi unsur aktivitas dan motivasi dengan bobot 30%, unsur peran serta dan partisipasi LPD dalam pelestarian budaya dengan bobot 40% serta unsur kepatuhan LPD terhadap aturan. Dari penilaian tersebut telah ditetapkan para juara dengan Keputusan Bupati Badung.
Untuk katagori Asset dibawah 5 milyar, juara I diraih LPD Desa Adat Selat, juara II LPD Desa Adat Abianbase, juara III LPD Desa Adat Kuwum Nyelati, Juara IV LPD Desa Adat Taman, Juara V LPD Desa Adat Bon dan juara VI LPD Desa Adat Batulantang. Sementara katagori Asset diatas 5 milyar, juara I diraih LPD Desa Adat Tanjung Benoa, juara II LPD Desa Adat Kerobokan, juara III LPD Desa Adat Ayunan, juara IV  LPD Desa Adat Kutaraga, juara V LPD Desa Adat Buduk dan juara VI LPD Desa Adat Kelan. Para juara mendapatkan hadiah uang dan sertifikat penghargaan masing-masing untuk juara I Rp. 7 juta, juara II Rp. 6 juta, juara III Rp. 5 juta, juara IV Rp. 2 juta, juara V Rp. 1,5 juta dan juara VI Rp. 1 juta.
Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dilakukan oleh Bupati  Badung A.A. Gde Agung,SH yang didampingi Wakil Ketua DPRD Badung Drs. I Made Sunarta, MM.,MSi  dan Kabag Perekonomian Drh. I Ketut Sudarsana,M.M.A di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Mangupraja Mandala, Kamis (15/12). Acara penyerahan hadiah tersebut juga dikaitkan dengan penyerahan bantuan penguatan modal LPD.
Pada kesempatan itu, Gde Agung menyampaikan, keberadaan dan kiprah LPD yang ada di Badung khususnya melalui pemberian kredit telah mampu memacu pertumbuhan ekonomi di pedesaan serta mendukung pelestarian budaya. Berkenaan dengan hal tersebut telah sewajarnya Pemerintah memberikan perhatian kepada LPD salah satunya melalui pelaksanaan lomba LPD berprestasi yang tujuannya bukan semata-mata mencari juara, tetapi bagaimana meletakkan fungsi dan peran LPD secara proporsional sesuai dengan hakekat histories didirikannya LPD.
Lebih lanjut dikatakan sejalan komitmen Pemerintah Kabupaten Badung dalam mengapresiasi keberadaan LPD, pemerintah daerah memberikan bantuan penguatan modal terhadap LPD masing-masing Rp. 100 juta untuk 20 LPD yang angka kecukupan modalnya relatif kecil namun memiliki potensi sangat baik untuk berkembang. “Bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memperkuat struktur permodalan dimana dalam aplikasinya diarahkan untuk meningkatkan kemampuan penyaluran dana kepada masyarakat melalui penyaluran kredit,” harap Gde Agung.
Sementara itu Ketut Sudarsana melaporkan maksud dan tujuan dari kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Badung dalam memotivasi pengelola LPD dengan harapan peserta penilaian LPD berprestasi untuk lebih meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan LPD serta dapat bertukar informasi antar peserta untuk memacu diri dalam menghadapi berbagai tantangan.
Bagikan :
Baca Juga :
Rupiah Kamis Sore Menguat Menjadi Rp11.674

Leave a Comment

Your email address will not be published.