Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Loka POM Temukan Jajanan Mengandung Rhodamin B

Metro Bali
single-image

 

Jembrana (Metrobali.com)-
Loka POM Buleleng dan Diskoperindag Jembrana serta Dinas Kesehatan Jembrana melakukan sidak ke Pasar Umum Negara, Senin (10/2).

Pengawasan terhadap makanan dan jajanan atau kue menjelang hari raya Galungan dan Kuningan juga dilakukan ke lokasi repaking rhodamin B di sebuah rumah di belakang Pasar Umum Negara.

Dari pengawasan itu petugas menemukan adanya produk jajanan upakara mengandung rhodamim B atau bahan pewarna makanan berbahaya bagi kesehatan.

“Dari 11sampel yang kami ambil, setelah diuji lab 7 diantaranya mengandung Rhodamin B” ujar Kepala Loka POM Buleleng Made Ery Bahari Hantana, Senin (10/2).

Dengan penemuan itu, ia menghimbau masyarakat agar tidak mudah tergiur akan jajanan dengan warna mencolok.

Rhodamin B lanjutnya, sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. “Memang dampaknya tidak seketika, tapi lama kelamaan akan berpengaruh pada tubuh” ungkapnya.

Ery berharap semua pihak berperan aktif dan ikut dalam pengawasan. Kepala Pasar Umum Negara, Gusti Bagus Ketut Warsita juga diharapkan ikut mengawasi supplier bahan makanan yang disuplai ke pedagang, termasuk mencatatnya untuk nantinya diberikan pembinaan. (Komang Tole)

Bagikan :
Baca Juga :
Warga Berkerumun di Rumah Angeline

Leave a Comment

Your email address will not be published.